Home | Nasional | Politik | Potensa | Etalase | Zona Riau | Sportainment | Hua Shan | Epaper | Indeks Berita
 
Saat Akhir Tahun Kemarin Trafik Operator Melejit, Paling Banyak Dipakai Streaming
Jumat, 04/01/2019 - 07:51:07 WIB
Combat BTS Telkomsel.
TERKAIT:
 
  • Saat Akhir Tahun Kemarin Trafik Operator Melejit, Paling Banyak Dipakai Streaming
  •  

    JAKARTA - Operator seluler catatkan kenaikan trafik cukup signifika saat akhir tahun. Misalnya XL Axiata yang mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan data dari 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019 sekitar 83 persen dibandingkan hari biasa. 

    Kenaikan trafik tertinggi ada pada 23 Desember 2018 sebesar 40 persen dan 1 Januari 2019 sebesar 83 persen. Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan pesan instan yang meningkat 540 persen dibandingkan hari-hari biasa.

    Direktur teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan melalui sistem monitoring jaringan dia melihat perpindahan pelanggan yang cukup tinggi.

    "Kami melihat tingkat perpindahan pelanggan juga cukup tinggi. Trafik penggunaan layanan di banyak area di luar Jakarta meningkat signifikan, sebaliknya di Jakarta cenderung berkurang," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (3/1/2019).

    Yessie menambahkan pihaknya meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 site yang mengcover area atau wilayah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan Tahun Baru. Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata. 

    Area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Buleleng, Bali sebesar 211 persen, Kabupaten Deli Serdang 140 persen dan Kota Medan 115 persen. Saat Natal, 24 Desember hingga 25 Desember 2018 trafik yang naik di wilayah Medan sebesar 35 persen, Manado 55 persen, dan Kupang 37 persen.

    Sementara itu, area-area lokasi wisata popular yang mengalami kenaikan trafik antara lain Pangandaran sebesar 91 persen, Bali 87 persen, Lombok 80 persen, dan Danau Toba 310 persen. Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 165 persen.

    Pada malam Natal, dari jenis layanan, selain pesan instan, layanan lainnya yang mengalami kenaikan penggunaan secara signifikan dibandingkan hari-hari biasa adalah SNS (Social Networking Service) naik 125 persen dan Gaming naik 122 persen Kenaikan trafik dari jenis-jenis layanan ini bisa terjadi karena aplikasi tersebut banyak digunakan untuk mengucapkan Natal dan Tahun Baru.

    Sementara itu, Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 17,2 petabyte atau meningkat 21,3 persen dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2018. Dibandingkan dengan periode Tahun Baru 2017/2018, trafik layanan data kali ini melonjak 61,7 persen.

    Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dengan peningkatan 27,6 persen dibandingkan hari normal, diikuti Jawa Barat sebesar 26,8 persen dan Sumatera Utara sebesar 24 persen.

    GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan streaming video di ponsel atau komputer tablet saat pergantian tahun baru. 

    "Selain itu, pelanggan juga melakukan aktivitas momen ini melalui berbagai media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan yang mengalami peningkatan pada periode ini," ujarnya, dikutip cnn.

    Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang menyaksikan film atau video secara streaming yang mencapai 33,4 persen. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial dengan kontribusi sebesar 32,5 persen.

    Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 17 persen terhadap penggunaan layanan data.

    Untuk layanan suara dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara juga mengalami kenaikan sebesar 1,1 persen menjadi 1,3 miliar menit. Sedangkan, trafik layanan SMS yang mengalami kenaikan 13,1 persen menjadi 605,3 juta SMS.

    "Kami juga sudah memprediksi perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan, di mana layanan data masih mendominasi dibanding layanan suara dan SMS. Meskipun demikian, di pergantian tahun ini layanan SMS dan suara pun mengalami kenaikan dibanding hari biasa," tambah Denny.

    Kenaikan trafik layanan pun dicatat oleh Indosat Ooredoo. Jaringan Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik layanan data meningkat menjadi sebesar 6.730 terabytes, atau meningkat sebesar 11,4 persen dibandingkan dengan trafik reguler hari biasa dan meningkat 71,7 persen dibanding trafik malam puncak tahun baru tahun sebelumnya. 

    "Tren penggunaan sosial media dan digital tetap menempati urutan teratas dalam kegiatan berkomunikasi pelanggan, sehingga trafik telekomunikasi data mencatat peningkatan tertinggi selama momen pergantian tahun baru," demikian disampaikan Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

    Trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 22,5 persen dibanding trafik reguler hari biasa. Berbeda dengan tren komunikasi data dan SMS, untuk trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar 16,2% dibanding trafik reguler hari biasa.

    Seperti telah disampaikan sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. (*)




     
    Berita Lainnya :
  • Saat Akhir Tahun Kemarin Trafik Operator Melejit, Paling Banyak Dipakai Streaming
  •  
    Komentar Anda :

     
      Berita Terkini  
    01 MUI Pekanbaru Safari Dakwah ke Masjid Paripurna Al-Hidayah
    02 Pertamina Hulu Indonesia Akan Tingkatkan Produksi
    03 Kuansing Kekurangan Dokter
    04 Masjid Al-Hidayah Jalan Meranti Gelar Rapat Tahunan
    05 Business Lunch Buffet di Hotel Furaya Diskon 50 Persen
    06 Satpol PP Dumai Amankan 17 Anak Punk
    07 XL Axiata Perkuat Jaringan Data di Sumatera
    08 Simeone Kecewa Atletico Tersingkir dari Copa del Rey 2018-2019
    09 OJK Nyatakan Kinerja Sektor Keuangan 2018 Positif
    10 Enggan Disentuh Suami Gara-gara Memiliki PIL
    11 Terungkap, Motif Pembunuhan Sepupu di Perawang Demi Modal Nikah, Awalnya Tak Niat Membunuh
    12 KPK Geledah Kantor Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Sita Dokumen Keuangan
    13 Gubernur Riau Pecat 23 PNS Pemprov Terlibat Korupsi
    14 Saat Akhir Tahun Kemarin Trafik Operator Melejit, Paling Banyak Dipakai Streaming
    15 Terkait Dugaan Korupsi Rp1,6 Miliar, Polda Riau Periksa Seluruh Anggota DPRD Rohil
    16 KPU Rohul Terima Laporan LPSDK, Partai Golkar Terbesar Terima Sumbangan
    17 Ada Keluhan Tentang Internet Desa, Musliadi: MoU dengan PT Icon Plus Perlu Ditinjau Ulang
    18 Teken Komitmen Bersama, Bupati Minta Kades Gunakan ADD Tepat Sasaran
    19 Cuma Rp5 Juta, Sudah Bisa Pesan Avanza Terbaru 2019
    20 Sanksi Terlalu Berat dan Tak Efektif, DLH akan Revisi Perda Sampah
    21 Dilantik Ketua DPRD Kuansing, Wachid Insani dan Syafri Said Resmi Jadi Anggota Dewan
    22 Inikah Wajah Baru Avanza-Xenia 2019?
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © METRORIAU.com - Berwawasan dan Berkepribadian