Home | Nasional | Politik | Potensa | Etalase | Zona Riau | Sportainment | Hua Shan | Epaper | Indeks Berita
 
Peran Universitas Penting dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
Selasa, 29/01/2019 - 20:17:38 WIB
Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohamad Nasir PhD Ak
TERKAIT:
 
  • Peran Universitas Penting dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
  •  

    PEKANBARU - Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohamad Nasir PhD Ak meresmikan Gedung Program Studi (Prodi) D3 Teknologi Pulp dan Kertas serta memberikan kuliah umum dihadapan peserta undangan dan mahasiswa Unri. Kuliah Umum bertajuk 'Peran pendidikan tinggi era industri 4.0', Selasa (29/1) di Kampus Bina Widya Unri, Simpang Baru Panam, Pekanbaru.

    Menristekdikti menyampaikan apresiasi terhadap UNRI yang telah bersama dengan Tanoto Foundation dan PT RAPP untuk mendirikan Prodi baru yang dapat memberikan keberkahan, khususnya bangsa Indonesia dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 

    “Pada kesempatan ini, kami menyampaikan apresiasi kepada UNRI yang telah menginisiasikan berdirinya Prodi Teknologi Pulp dan Kertas. Ini merupakan Prodi satu-satunya yang ada di Indonesia,” katanya.

    Dalam menyikapi distrative inovasion kedepan, lanjutnya, kita dianjurkan melakukan inovasi-inovasi baru. Ristekdikti, dalam hal ini telah mengeluarkan peraturan menteri terkait persoalan nomenklatur pendirian Prodi baru. Dimana dahulunya, pendirian Prodi harus diatur oleh Kementerian dan diluar nomenklatur tidak boleh dibuka. Dalam hal ini perkembangan ilmu pengetahuan terus meningkat pesat peraturan harus di cabut sepanjang masih ada usernya.

    “Prodi Teknologi Pulp dan kertas ini adalah inovasi yang baru, khususnya di Riau. Kedepannya kita berharap akan adanya pengembangan dari Prodi ini menjadi dua bidang, bisa dibidang plup atau dibidang kertas. Oleh karena itu, kehadiran Prodi pulp dan kertas bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat,” jelas Menristekdikti.

    Lebih lanjut, Menristekdikti, menyampaikan pogram pulp dan kertas di design oleh kementerian dengan peraturan baru dengan model pogram studi terbuka, dimana mahasiswa pada tahun pertama, kedua, ketiga harus di tentukan tingkat kompetensi yang dicapai, agar ketika tamat mahasiswa lebih cepat dikejar oleh perusahaan dan instansi. 

    Dengan perkembangan zaman, di butuhkan tenaga kerja yang berkopeten dan ini masih kurang dan perlu dikawal bersama-sama untuk meningkatkannya untuk kebutuhan dan kemajuan kedepan. “Menghadapi era revolusi industri 4.0, peran pendidikan tinggi menjadi sangat penting, terutama dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, pendidikan tinggi yang berbasis riset harus mendorong semakin terbukanya pengetahuan yang mampu meningkatkan kesejahteraan manusia,” terang Menteri.

    Kehadiran Era Revolusi Industri 4.0 telah mengubah paradigma masyarakat dunia hari ini, tuntutan untuk semakin meningkatkan inovasi disegala bidang terus menguat. Berbagai teknologi untuk menggantikan peran manusia di bidang industri semakin bermunculan. Hal itu menurut Menristekdikti memunculkan tantangan agar manusia zaman kini harus bisa terus beradaptasi dengan perubahan zaman.

    “Di satu sisi, revolusi ini telah mengubah ciri dan cara lama dalam banyak aspek kehidupan. Di sisi lain, revolusi ini menjadi tantangan yang harus dijawab oleh pendidikan tinggi. Kekuatan pendidikan tinggi terdapat pada riset. Tuntutan riset yang dikeluarkan oleh pendidikan tinggi harus mendapat pengakuan internasional," terangnya.

    Untuk menjaga marwah pendidikan tinggi di Indonesia agar senantiasa terjaga kualitas dan integritasnya. Pendidikan itu tidak semata-mata meraih gelar, tetapi ada yang harus dicari ilmunya, harus ilmu yang aplikatif dan bisa dipertanggungjawabkan dan bermanfaat.(rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Peran Universitas Penting dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bersama TNI, Polri dan BPBD, Fire Fighter PT SRL Berjibaku Padamkan Api
    02 Pembayaran Honor RT dan RW di Pekanbaru Tunggu Audit BPK
    03 UAS Tidak Hadiri Sidang Penghinaan
    04 Gebyar Hoki Imlek Honda Bertabur Hadiah
    05 Sabtu, Lomba Bahasa Mandarin di Mal SKA
    06 Menjalin Silaturahmi Dengan EVP
    07 XL Luncurkan Kartu Perdana XL Go Izi
    08 Dua Flyover Langsung Dilalui, Jembatan Siak IV Ditunda
    09 Kelurahan Sapat Jadi Kampung Nelayan di Inhil
    10 Telkomsel Terapkan Aplikasi Digital Desa di Pasaman
    11 IM3 Ooredoo dan GOJEK Hadirkan Paket Online Gaspol
    12 Donasi Konsumen Alfamart, Bentuk Kepedulian Sesama
    13 Bawaslu Sambut Baik Mappilu PWI
    14 Bupati Pelalawan Minta Kades Kelola ADD Dengan Benar
    15 Seluruh OPD di Inhil Harus Paham Penyusunan Renstra Perangkat Daerah
    16 56 Tim Futsal Ramaikan SMAN 5 Cup IX
    17 Mappilu PWI Riau Hadiri Rakor Pemilu, Rusidi: Bawaslu Tidak Bisa Kerja Sendiri
    18 Lepas Mahasiswa KKN, Ini Pesan Bupati Inhu
    19 The Zuri Hotel Kunjungi Metro Riau Group
    20 Didesak 1.000 Advokat, Polda Segera Gelar Perkara Penganiayaan Keluarga Maryatun
    21 Jembatan Siak IV Mustahil Diresmikan Presiden
    22 Bawaslu Terima Laporan 610 Konten Hoax di Medsos
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © METRORIAU.com - Berwawasan dan Berkepribadian