Home | Nasional | Politik | Potensa | Etalase | Zona Riau | Sportainment | Hua Shan | Epaper | Indeks Berita
 
Kemenag Desak Pemprov Riau Laporkan Progres Embarkasi Haji Antara
Kamis, 24/01/2019 - 20:28:27 WIB
Gubri, Wan Thamri Hasyim meninjau embarkasi antara Riau beberapa waktu lalu
TERKAIT:
 
  • Kemenag Desak Pemprov Riau Laporkan Progres Embarkasi Haji Antara
  •  

    PEKANBARU - Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Kementrian Agama (Kemenag) RI Muhajirin Yanis, meminta Pemprov Riau segera melaporkan progres pembenahan sejumlah fasilitas di embarkasi haji antara Riau. Pihaknya meminta laporan tersebu disampaikan Januari ini.

    Sebab untuk Surat Keputusan (SK) penetapan embarkasi haji antara Riau akan dilakukan secara kolektif Februari 2019 mendatang. "Kita minta Januari ini disampaikan, karena Februari kita targetkan sudah final," kata Muhajirin, Kamis (24/1/2019).

    Muhajirin meminta Pemprov Riau untuk segera menyelesaikan sejumlah pembenahan yang sebelumnya menjadi catatan pihak Kementrian Agama.
    Sebab embarkasi haji antara Riau ini akan dioperasikan pada musim haji tahun ini. Sehingga diperlukan persiapan jelang musim haji dimulai.

    "Itu nanti kolektif bersamaan dengan provinsi lain, kita tergetkan Februari sudah ada gambaran. Kita ingin lebih cepat, karena nanti kan pasti akan berpengaruh terhadap persiapan-persiapan jelang musim haji dimulai tahun ini," bebernya.

    Seperti diketahui, Kemenag RI melalui Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) memberikan sejumlah catatan yang harus segera ditindaklanjuti oleh Pemprov Riau sebelum embarkasi haji antara Riau dioperasikan pada musim haji tahun ini.

    Catatan tersebut merupakan hasil peninjauan Dirjen PHU Kemenag RI ke Embarkasi Haji Antara Riau belum lama. Setelah mengecek seluruh ruangan yang ada di embarkasi haji antara Riau, pihak Kemenag mengirimkan surat ke Pemprov Riau yang berisi sejumlah catatan yang harus segera dilengkapi dan diperbaiki.

    "Surat itu menyarankan beberapa hal hasil tinjauan ke gedung Rusunawa Mekar Sari," kata Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi, beberapa waktu lalu.
    Beberapa catatan yang harus segera ditindaklanjuti oleh Pemprov Riau jelang dioperasikannya embarkasi haji antara Riau tersebut diantaranya adalah, pemasangan name tag atau plang nama di setiap ruang kantor pelayanan, termasuk aula kedatangan dan keberangkatan.

    Kemudian pihak Kemenag juga meminta Pemprov Riau untuk melakukan dilakukan sterilisasi di aula keberangkatan dan melakukan pengecatan sejumlah ruangan yang saat ini catnya sudah terlihat kusam.
    Tak hanya itu, pihak Kemanag juga meminta Pemprov Riau agar menyiapkan dengan baik lahan parkir, akses jalan masuk dengan baik sehingga armada bus bisa keluar masuk dengan lancar.

    Kemudian Pemprov Riau juga diminta untuk mejaminan kelancaran operasional. "Tapi ini tak masalah karena anggaran sudah kita persiapkan dan persetujuan dari daerah sudah kita dapatkan. Ada beberapa catatan yang tak begitu urgen, tapi itu perlu. Karena kemarin baru sebagaian yang dipasang, sehingga jemaah lebih mudah mencari ruang layanan yang hendak dituju. Kemudian pengecatan ulang ketiga gedung Rusunawa mengingat sudah mulai kusam," ujarnya.

    Selain memberikan catatan agar Pemprov Riau melakukan sejumlah perbaikan dan penambahan fasilitas, pihak Kemenag juga mengapresiasi sejumlah ruangan yang dinilai sudah cukup representatif untuk jemaah. "Seperti ruang kedatangan, keberangkatan, makan, manasik dan lahan parkir, sudah cukup baik," katanya. (sri)



     
    Berita Lainnya :
  • Kemenag Desak Pemprov Riau Laporkan Progres Embarkasi Haji Antara
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bersama TNI, Polri dan BPBD, Fire Fighter PT SRL Berjibaku Padamkan Api
    02 Pembayaran Honor RT dan RW di Pekanbaru Tunggu Audit BPK
    03 UAS Tidak Hadiri Sidang Penghinaan
    04 Gebyar Hoki Imlek Honda Bertabur Hadiah
    05 Sabtu, Lomba Bahasa Mandarin di Mal SKA
    06 Menjalin Silaturahmi Dengan EVP
    07 XL Luncurkan Kartu Perdana XL Go Izi
    08 Dua Flyover Langsung Dilalui, Jembatan Siak IV Ditunda
    09 Kelurahan Sapat Jadi Kampung Nelayan di Inhil
    10 Telkomsel Terapkan Aplikasi Digital Desa di Pasaman
    11 IM3 Ooredoo dan GOJEK Hadirkan Paket Online Gaspol
    12 Donasi Konsumen Alfamart, Bentuk Kepedulian Sesama
    13 Bawaslu Sambut Baik Mappilu PWI
    14 Bupati Pelalawan Minta Kades Kelola ADD Dengan Benar
    15 Seluruh OPD di Inhil Harus Paham Penyusunan Renstra Perangkat Daerah
    16 56 Tim Futsal Ramaikan SMAN 5 Cup IX
    17 Mappilu PWI Riau Hadiri Rakor Pemilu, Rusidi: Bawaslu Tidak Bisa Kerja Sendiri
    18 Lepas Mahasiswa KKN, Ini Pesan Bupati Inhu
    19 The Zuri Hotel Kunjungi Metro Riau Group
    20 Didesak 1.000 Advokat, Polda Segera Gelar Perkara Penganiayaan Keluarga Maryatun
    21 Jembatan Siak IV Mustahil Diresmikan Presiden
    22 Bawaslu Terima Laporan 610 Konten Hoax di Medsos
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © METRORIAU.com - Berwawasan dan Berkepribadian