Home | Nasional | Politik | Potensa | Etalase | Zona Riau | Sportainment | Hua Shan | Epaper | Indeks Berita
 
BPIH Riau Diprediksi di Bawah Nasional
Selasa, 05/02/2019 - 20:50:43 WIB
BPIH Riau, ilustrasi
TERKAIT:
 
  • BPIH Riau Diprediksi di Bawah Nasional
  •  

    PEKANBARU - Komisi VIII DPR RI bersama pemerintah sudah mengesahkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019 dengan rata-rata Rp35.235.602. Untuk di Riau BPIH diprediksi lebih rendah dari rata-rata angka nasional.

    "Itu kan masih rata-rata nasional, pembagian untuk masing-masing provinsi kan belum," kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Asril, Selasa (5/2).

    Pihaknya memperkirakan angka BPIH atau Ongkos Naik Haji (ONH) untuk masing-masing jamaah di Riau lebih rendah jika dibandingkan dengan rata-rata angka nasional.

    "Kalau berkaca dari tahun lalu, bisa jadi angkanya di bawah nasional, sekitar Rp 32.150.000. Kemungkinan tahun ini angkanya masih di sekitar itu lah (Rp 32.150.000)," ujarnya.

    Namun untuk kepastikan berapa ONH untuk Provinsi Riau pihaknya masih menunggu penetapan dari Kemanag RI di Jakarta. Sebab penetapan BPIH atau ONH provinsi ditetapkan oleh pemerintah pusat. "Tapi angka untuk masing-masing provinsi kan belum ditetapkan, itu menteri nanti yang menetapkan," kata Asril.

    Angka BPIH untuk masing-masing provinsi lanjut Asril, memang biasanya ditetapkan oleh Kemenag setelah pihaknya mendapatkan angka rata-rata nasional yang disepakati bersama DPR RI. Setelah angka rata-rata nasional didapatkan, barulah Kemenag menetapkan angka untuk masing-masing provinsi.

    "Kemarin kan DPR dengan menteri itu untuk menetapkan angka rata-rata nasional kan sudah ditetapakan Rp 35,2 juta. Setelah itu nanti Kemenag baru menetapkan lagi untuk pembagian masing-masing provinsi. Yang untuk provinsi sampai hari ini belum kita dapatkan berapa angkanya, itu yang menetapkan Kemenag pusat," katanya.

    Berdasarkan data dari Kantor Kementrian Agama Provinsi Riau, pada musim haji tahun 2019 ini tercatat setidaknya ada 5.030 orang calon jamaah haji yang akan berangkat. "Ditambah 30 orang petugas, jadi totalnya sekitar 5060 orang yang akan diberangkatkan pada tahun ini," kata Asril.

    Pihak Kemenag Riau mencatat setidaknya ada 95 ribu orang lebih calon jamaah haji dari Kabupaten dan Kota se Provinsi Riau yang masih masuk dalam antrian daftar tunggu untuk keberangkatan ke tanah suci.
    Daftar tunggu keberangkatan haji di Provinsi Riau memang cukup lama. Bahkan pihak Kemenag Provinsi Riau memperkirakan daftar tunggu keberangkatan jamaah haji di Riau waktunya bisa mencapai 17 tahun.

    "Jadi kalau daftar tahun ini, berarti berangkatnya 17 tahun lagi. Tahun 2036. Kalau daftarnya sekarang umurnya 50 tahun, berarti berangkatnya nanti pas umur 67 tahun," kata Asril.

    Sementara untuk tahapan, saat ini masih dalam tahapan manasik haji yang dilakukan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang ada di masing-masing kabupaten kota. "Di Riau ada 24 KBIH, mereka lah yang melaksanakan manasik," ujarnya.

    Setelah itu, lanjut Asril, masuk ke tahapan pengecekankesehatan, paspor, pelunasan ongkos biaya haji dan persiapan keberangkatan. "Namun untuk besaran biaya haji tahun ini belum ditetapkan oleh pemerintah pusat. Kemungkinan akhir bulan ini ditetapkan," katanya. (mr/sri)



     
    Berita Lainnya :
  • BPIH Riau Diprediksi di Bawah Nasional
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bersama TNI, Polri dan BPBD, Fire Fighter PT SRL Berjibaku Padamkan Api
    02 Pembayaran Honor RT dan RW di Pekanbaru Tunggu Audit BPK
    03 UAS Tidak Hadiri Sidang Penghinaan
    04 Gebyar Hoki Imlek Honda Bertabur Hadiah
    05 Sabtu, Lomba Bahasa Mandarin di Mal SKA
    06 Menjalin Silaturahmi Dengan EVP
    07 XL Luncurkan Kartu Perdana XL Go Izi
    08 Dua Flyover Langsung Dilalui, Jembatan Siak IV Ditunda
    09 Kelurahan Sapat Jadi Kampung Nelayan di Inhil
    10 Telkomsel Terapkan Aplikasi Digital Desa di Pasaman
    11 IM3 Ooredoo dan GOJEK Hadirkan Paket Online Gaspol
    12 Donasi Konsumen Alfamart, Bentuk Kepedulian Sesama
    13 Bawaslu Sambut Baik Mappilu PWI
    14 Bupati Pelalawan Minta Kades Kelola ADD Dengan Benar
    15 Seluruh OPD di Inhil Harus Paham Penyusunan Renstra Perangkat Daerah
    16 56 Tim Futsal Ramaikan SMAN 5 Cup IX
    17 Mappilu PWI Riau Hadiri Rakor Pemilu, Rusidi: Bawaslu Tidak Bisa Kerja Sendiri
    18 Lepas Mahasiswa KKN, Ini Pesan Bupati Inhu
    19 The Zuri Hotel Kunjungi Metro Riau Group
    20 Didesak 1.000 Advokat, Polda Segera Gelar Perkara Penganiayaan Keluarga Maryatun
    21 Jembatan Siak IV Mustahil Diresmikan Presiden
    22 Bawaslu Terima Laporan 610 Konten Hoax di Medsos
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © METRORIAU.com - Berwawasan dan Berkepribadian