Home | Nasional | Politik | Potensa | Etalase | Zona Riau | Sportainment | Hua Shan | Epaper | Indeks Berita
 
MoU Dengan Bulog, Pemko Jamin Ketersediaan Pangan
Rabu, 06/02/2019 - 20:45:19 WIB
Firdaus
TERKAIT:
 
  • MoU Dengan Bulog, Pemko Jamin Ketersediaan Pangan
  •  

    PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Riau-Kepri terkait pendistribusian bahan kebutuhan pokok, Rabu (6/2). Dengan kesepakatan itu, Pemko menjamin ketersediaan pangan untuk masyarakat.

    "Ini (MoU) untuk menjamin ketersediaan pangan sehingga tidak terjadi kelangkaan, mengendalikan harga sesuai ketetapan pemerintah," ujar Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT.

    Firdaus mengatakan, MoU ini untuk mencegah oknum-oknum yang menumpuk barang hingga tidak terjadi kelangkaan kebutuhan pokok masyarakat. Selain itu, pemerintah juga bisa memantau pendistribusian pangan sehingga stok pangan tidak terputus. 
    Untuk teknis pendistribusian pangan  akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama melalui jejaring yang ada di Pemko l Pekanbaru. "Pertama melalui pemberdayaan yang ada di dua lokasi, yakni Masjid Paripurna dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW)," kata Firdaus.

    Ditambahkannya, masing-masing koperasi di Masjid Paripurna dan PMBRW akan membuka toko. Saat ini, ada yang sudah memiliki toko dan ada yang belum. "Mereka ini akan kita jadikan jejaring dalam penyediaan pangan kita," tambah Firdaus.

    Selain itu, koperasi karyawan Dinas Pendidikan nanti juga akan menjadi jejaring melalui koperasi di sekolah. "Akan kita jadikan jejaring penyalur bahan pangan yang ada di Bulog. Ada sembilan bahan pokok, seperti minyak, beras, jagung, daging dan sebagainya," terangnya.

    Firdaus yakin, MoU ini akan menguntungkan kepada semua pihak, khususnya masyarakat. Menurutnya, kerja sama ini akan memutuskan mata rantai distribusi pangan yang akan lebih menghemat beban masyarakat.

    "Dengan kerja sama ini, setidaknya lebih dari satu mata rantai distribusi pangan bisa diputuskan, karena mata rantai ini berdampak pada harga. Setiap titik mata rantai mereka ambil profit (keuntungan)," papar Firdaus. 

    Ia memperkirakan, sekitar 50 persen mata rantai bisa dikurangi dengan MoU ini. Artinya Pemko bisa kendalikan harga sehingga tidak terjadi kenaikan, dan mengendalikan inflasi," jelasnya. 

    Kepala Bulog Divre Riau-Kepri Abdul Muis mengungkapkan, dengan MoU ini ketersediaan pangan dapat lebih terjamin di masyarakat, hingga ketingkat RT dan RW.

    "Tentu dengan MoU bersama walikota tadi, kita juga bisa mendorong ketersediaan pangan sampai ketingkat RT dan RW, dimana masyarakat bisa mendapatkan pangan dengan harga yang relatif murah," kata dia. 

    Ia juga menjelaskan bahwa ketersediaan pangan Bulog Divre Riau-Kepri masih aman hingga enam bulan ke depan. Ditambah dengan penambahan ulang pada 3 bulan mendatang.

    "Stok kita untuk Riau cukup aman dan dapat bertahan hingga 6 bulan kedepan, itupun 3 bulan lagi kita isi lagi, sesuai dengan kapasitas infrastruktur kita. Sampai menjelang Pilpres juga aman," kata dia.

    Kemudian, stok beras sendiri diperkirakan masih mencapai sekitar 25.000 ton, daging sekitar 40.000 kilogram, berikut sembako lain yang juga dalam persediaan yang cukup. (del) 




     
    Berita Lainnya :
  • MoU Dengan Bulog, Pemko Jamin Ketersediaan Pangan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bersama TNI, Polri dan BPBD, Fire Fighter PT SRL Berjibaku Padamkan Api
    02 Pembayaran Honor RT dan RW di Pekanbaru Tunggu Audit BPK
    03 UAS Tidak Hadiri Sidang Penghinaan
    04 Gebyar Hoki Imlek Honda Bertabur Hadiah
    05 Sabtu, Lomba Bahasa Mandarin di Mal SKA
    06 Menjalin Silaturahmi Dengan EVP
    07 XL Luncurkan Kartu Perdana XL Go Izi
    08 Dua Flyover Langsung Dilalui, Jembatan Siak IV Ditunda
    09 Kelurahan Sapat Jadi Kampung Nelayan di Inhil
    10 Telkomsel Terapkan Aplikasi Digital Desa di Pasaman
    11 IM3 Ooredoo dan GOJEK Hadirkan Paket Online Gaspol
    12 Donasi Konsumen Alfamart, Bentuk Kepedulian Sesama
    13 Bawaslu Sambut Baik Mappilu PWI
    14 Bupati Pelalawan Minta Kades Kelola ADD Dengan Benar
    15 Seluruh OPD di Inhil Harus Paham Penyusunan Renstra Perangkat Daerah
    16 56 Tim Futsal Ramaikan SMAN 5 Cup IX
    17 Mappilu PWI Riau Hadiri Rakor Pemilu, Rusidi: Bawaslu Tidak Bisa Kerja Sendiri
    18 Lepas Mahasiswa KKN, Ini Pesan Bupati Inhu
    19 The Zuri Hotel Kunjungi Metro Riau Group
    20 Didesak 1.000 Advokat, Polda Segera Gelar Perkara Penganiayaan Keluarga Maryatun
    21 Jembatan Siak IV Mustahil Diresmikan Presiden
    22 Bawaslu Terima Laporan 610 Konten Hoax di Medsos
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © METRORIAU.com - Berwawasan dan Berkepribadian