Home | Nasional | Politik | Potensa | Etalase | Zona Riau | Sportainment | Hua Shan | Epaper | Indeks Berita
 
Disdukcapil Siak Musnahkan 8.457 Keping KTP
Kamis, 24/01/2019 - 19:13:47 WIB
BAKAR - Bupati Siak, H Syamsuar, dan Wakil Bupati (Wabup), Alfedri, memusnahkan 8.457 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik maupun non elektronik dengan cara dibakar, di halaman Kantor Disdukcapil Siak.
TERKAIT:
 
  • Disdukcapil Siak Musnahkan 8.457 Keping KTP
  •  

    SIAK - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Siak memusnahkan 8.457 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik maupun non elektronik dengan cara dibakar.

    Pemusnahan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Siak, H Syamsuar, dan Wakil Bupati (Wabup), Alfedri, di halaman Kantor Disdukcapil Siak, Kamis (24/1/2019). Pemusnahan ini juga disaksikan para tamu undangan yang hadir.

    Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Siak, Rahmansyah, pemusnahan KTP ini berdasarkan Radiogram Menteri Dalam Negeri Nomor 470.13/11156/SJ tentang Pengamanan e-KTP yang tidak didistribusikan kepada masyarakat karena salah cetak dan salah data. Dan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 470.13/11156/SJ tentang Pemusnahan e-KTP yang rusak atau invalid dengan cara dibakar.

    Dari 8.457 keping KTP itu, terang Rahmansyah, terbagi 5.796 e-KTP dan 2.661 KTP non elektronik, yang semuanya merupakan hasil dari kerja sama antara Disdukcapil dan Kesatuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Siak, yang turun langsung ke-14 kecamatan untuk mencari KTP elektronik maupun non elektronik yang dimaksud.

    "Dalam rangka memenuhi hak konstitusional, disdukcapil bekerja sama dengan Rutan kelas II B Siak, melakukan perekaman KTP elektronik kepada 49 orang tahanan yang belum melakukan perekaman", jelas Rahmansyah.

    Menanggapi hal itu, Bupati Siak, H Syamsuar, menjelaskan, ini semua sesuai dengan instruksi dari Menteri Dalam Negeri kepada kepala seluruh daerah di Indonesia, untuk menarik e-KTP maupun non elektronik yang salah cetak maupun salah data yang masih beredar di masyarakat agar segera dimusnahkan.

    "Pemusnahan ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan KTP pada saat pemilu serentak nantinya, seperti adanya KTP ganda," kata orang nomor satu di Kabupaten Siak ini.

    Selain Kabupaten Siak, kata Syamsuar, dia juga sudah melihat di media online maupun media cetak, bahwa kabupaten/kota lain di Indonesia juga sudah melaksanakan kegiatan penghancuran KTP elektronik maupun non elektronik ini, sehingga nanti tidak akan beredar lagi fitnah ditengah masyarakat. Karena fitnah ini, nanti akan mengganggu kedamaian dan ketentraman yang telah dibangun di masyarakat.

    "Semoga dengan adanya kegiatan penghancuran KTP elektronik maupun non elektronik salah cetak maupun salah data ini, penyelenggaraan pemilu mendatang berjalan sesuai apa yang diharapkan seluruh masyarakat di Indonesia, yakni damai, aman dan tentram," harapnya.

    Selain itu, tambah Syamsuar, kegiatan ini juga akan memberikan kepercayaan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), bahwa untuk di Kabupaten Siak sudah tidak ada masyarakat yang mempunyai KTP ganda.

    "Saya juga mengharapkan masyarakat Kabupaten Siak agar berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu serentak nanti, karena kita semua mempunyai hak yang sama untuk memilih," ucap Bupati Siak dua periode itu. (din)



     
    Berita Lainnya :
  • Disdukcapil Siak Musnahkan 8.457 Keping KTP
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bersama TNI, Polri dan BPBD, Fire Fighter PT SRL Berjibaku Padamkan Api
    02 Pembayaran Honor RT dan RW di Pekanbaru Tunggu Audit BPK
    03 UAS Tidak Hadiri Sidang Penghinaan
    04 Gebyar Hoki Imlek Honda Bertabur Hadiah
    05 Sabtu, Lomba Bahasa Mandarin di Mal SKA
    06 Menjalin Silaturahmi Dengan EVP
    07 XL Luncurkan Kartu Perdana XL Go Izi
    08 Dua Flyover Langsung Dilalui, Jembatan Siak IV Ditunda
    09 Kelurahan Sapat Jadi Kampung Nelayan di Inhil
    10 Telkomsel Terapkan Aplikasi Digital Desa di Pasaman
    11 IM3 Ooredoo dan GOJEK Hadirkan Paket Online Gaspol
    12 Donasi Konsumen Alfamart, Bentuk Kepedulian Sesama
    13 Bawaslu Sambut Baik Mappilu PWI
    14 Bupati Pelalawan Minta Kades Kelola ADD Dengan Benar
    15 Seluruh OPD di Inhil Harus Paham Penyusunan Renstra Perangkat Daerah
    16 56 Tim Futsal Ramaikan SMAN 5 Cup IX
    17 Mappilu PWI Riau Hadiri Rakor Pemilu, Rusidi: Bawaslu Tidak Bisa Kerja Sendiri
    18 Lepas Mahasiswa KKN, Ini Pesan Bupati Inhu
    19 The Zuri Hotel Kunjungi Metro Riau Group
    20 Didesak 1.000 Advokat, Polda Segera Gelar Perkara Penganiayaan Keluarga Maryatun
    21 Jembatan Siak IV Mustahil Diresmikan Presiden
    22 Bawaslu Terima Laporan 610 Konten Hoax di Medsos
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © METRORIAU.com - Berwawasan dan Berkepribadian