Home | Nasional | Politik | Potensa | Etalase | Zona Riau | Sportainment | Hua Shan | Epaper | Indeks Berita
 
LKPD Siak Tahun 2018
BPK Lakukan Pemeriksaan Interim
Rabu, 30/01/2019 - 17:54:51 WIB
BERI SAMBUTAN - Sekdakab Siak, Tengku Said Hamzah, memberi sambutan saat menerima kunjungan sekaligus pertemuan dengan tim BPK-RI, terkait akan melakukan pemeriksaan interim terhadap LKPD Siak tahun 2018, di aula Kantor Bupati Siak.
TERKAIT:
 
  • BPK Lakukan Pemeriksaan Interim
  •  

    SIAK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Riau akan melakukan pemeriksaan interim atau pendahuluan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018.

    Dalam kunjungan itu, tim BPK RI yang dipimpin Irawati, disambut Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Siak, Tengku Said Hamzah, dan Inspektur, Fali Wurendaresto, serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, di aula Kantor Bupati Siak, Rabu (30/1/2019).

    Menurut Irawati, kunjunganya untuk melakukan pemeriksaan interim atas laporan keuangan Pemkab Siak  tahun anggaran 2018. Pemeriksaan interim ini dibagi dalam dua sub tim. Hal ini sesuai mandat dari peraturan undang-undangan, di mana BPK melakukan pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan tujuan tertentu.

    "Selama 30 hari ke depan, kami akan melakukan pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan tujuan tertentu" ujar Irawati.

    Irawati menambahkan, pemeriksaan dilakukan dua tahap, pertama pemeriksaan interim atau pemeriksaan pendahuluan. Pemeriksaan interim dapat dilaksanakan di tahun berjalan maupun setelah berjalan.

    “Tujuan pemeriksaan interim ini adalah untuk melihat hasil pemantauan tindak lanjut pemeriksaan sebelumnya," jelasnya

    Selain itu, pihaknya juga memantau kembali progres terkait rekomendasi yang telah diberikan BPK, terutama terkait pemeriksaan keuangan, apakah rekomendasi tersebut sudah ada tindak lanjut atau sudah diterapkan perubahannya.

    Kedua, BPK akan melakukan penilaian atau memutakhirkan terkait sistem pengendali internal yang ada di pemkab, terutama dalam penyusunan laporan keuangan, di mana OPD sebagai ujung tombak penyusunan keuangan.

    “Jadi masing-masing OPD menyusun laporan keuangan yang nanti akan dikompilasi atau dikonsolidasi di Badan Keuangan Daerah (BKD) setelah direview inspektorat,” imbuhnya.

    Kemudian, BPK akan melakukan penilaian atau pengajuan terhadap kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Pendahuluan mungkin masih dalam konsep apakah ada temuan pemeriksaan terkait penyimpangan dari kepatuhan peraturan dari perundang-undangan.

    Menanggapi hal tersebut, Sekdakab Siak, Tengku Said Hamzah, menginstruksikan masing-masing OPD menindaklanjuti permintaan dari yang disampaikan Ketua Tim BPK RI. "Saya harapkan agar para kasubag keuangan masing-masing OPD untuk aktif dan segera melakukan koordinasi untuk memenuhi permintaan dari tim BPK," tegas Hamzah.

    Hamzah mengatakan, tahun 2018 progres realisasi fisik dan keuangan Kabupaten Siak di atas 90 persen. Kemudian dalam pelaksanaan kegiatan tahun 2018, Siak tidak mengalami devisit anggaran. Per 31 Desember Siak menerima pencairan dana dari pusat sebanyak Rp278 miliar.

    Dia berharap, seluruh laporan kegiatan dan keuangan dapat terealisasi dengan baik dan benar, sehingga tidak menimbulkan pelanggaran hukum serta dapat menyelesaikan laporan keuangannya dengan baik dan tepat waktu. (din)



     
    Berita Lainnya :
  • BPK Lakukan Pemeriksaan Interim
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 MPP Pekanbaru Buka 174 Jenis Layanan
    02 Caleg Perindo Riau Harus Militan dan Kerja Keras
    03 Barongsai Patok dan Kembang Api Pukau Pengunjung
    04 BRK dan Pemkab Inhu MoU Transaksi Non Tunai
    05 CDN Gelar Workshop Digital Untuk Komunitas
    06 Kontribusi Pendapatan Data XL Capai 80 Persen
    07 Barongsai Patok Meriahkan Cap Go Meh
    08 Senam Kesehatan Pencegahan Kanker Rayakan HUT ke-13
    09 Lomba Bahasa Mandarin Meriah
    10 Dikeroyok, Seorang Pemuda Tanjung Rhu Tewas
    11 Aklamasi, Agus Triono Terpilih Jadi Ketum PODSI Pekanbaru
    12 Overload, BPTD Riau Amankan 4 Truk Bermuatan Kayu
    13 Melihat Perayaan HUT Dewa Kwan Kong di TITD Hiap Thian Thua
    14 Pererat Kekeluargaan, IKTS Gelar Imlek Bersama
    15 Bersama TNI, Polri dan BPBD, Fire Fighter PT SRL Berjibaku Padamkan Api
    16 Pembayaran Honor RT dan RW di Pekanbaru Tunggu Audit BPK
    17 UAS Tidak Hadiri Sidang Penghinaan
    18 Gebyar Hoki Imlek Honda Bertabur Hadiah
    19 Sabtu, Lomba Bahasa Mandarin di Mal SKA
    20 Menjalin Silaturahmi Dengan EVP
    21 XL Luncurkan Kartu Perdana XL Go Izi
    22 Dua Flyover Langsung Dilalui, Jembatan Siak IV Ditunda
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © METRORIAU.com - Berwawasan dan Berkepribadian