Home | Nasional | Politik | Potensa | Etalase | Zona Riau | Sportainment | Hua Shan | Epaper | Indeks Berita
 
100 Persen Desa Sudah Dialiri Listrik di Siak
Kamis, 31/01/2019 - 19:47:37 WIB
Bupati Siak, H Syamsuar, menerima penghargaan dari General Manajer PLN Riau dan Kepulauan Riau, M Irwansyah Putra.
TERKAIT:
 
  • 100 Persen Desa Sudah Dialiri Listrik di Siak
  •  

    SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak terus mengejar pemerataan pembangunan di seluruh desa di Kabupaten Siak, salah satunya dengan peningkatan rasio elektrifikasi ke seluruh kampung (desa). Sampai dengan Desember 2018 Rasio Elektrifikasi (RE) di Kabupaten Siak mencapai 98,98 persen.

    Hal itu disampaikan Bupati Siak, H Syamsuar, sebelum meresmikan 100 persen listrik desa di Kabupaten Siak, di Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau, Kamis (31/1/2019).

    “Dari 131 kampung yang ada, saat ini telah teraliri listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebanyak 127 kelurahan/kampung dan empat kampung sisanya akan kami resmikan hari ini (kemaren, red),” ujar Syamsuar, dihadapan masyarakat Muara Kelantan.

    Pelayanan infrastruktur dasar, terang Syamsuar, merupakan program utamanya bersama Wakil Bupati (Wabup) Siak, Alfedri, pada periode sebelumnya. Infrastruktur dasar ini seperti pembangunan jalan, sarana air bersih, kesehatan, pendidikan, dan pemerataan listrik disetiap kampung.

    “Alhamdulillah, semuanya terlaksana dengan baik, berkat kerja keras dan kerja sama dengan pihak PLN dan provinsi, kerja cepat PLN ini perlu kita apresiasi,” kata Syamsuar lagi.

    Untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat, lanjutnya, telah membangun jaringan listrik Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 315,48 Kms, dan Pembangunan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 506,59 Kms, trafo 88 unit, pengadaan genset, serta bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Solar Home System (SHS) sebanyak 1.565 unit, serta memasang ratusan PJUTS dibeberapa kampung dan kelurahan, di mana dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    Selain dana APBD/APBN, kata Syamsuar, Pemerintah Kabupaten Siak bekerja sama dengan perusahaan lokal melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT Bumi Siak Pusako (BSP) dalam membantu  rumah tangga miskin dengan membantu unit perangkat listrik mandiri rakyat, serta melalui Badan Amil Zakat Kabupaten Siak meluncurkan Program Siak Peduli, yaitu program berkelanjutan pemasangan listrik gratis untuk  kaum dhuafa di Kabupaten Siak.

    Sementara General Manajer PLN Riau dan Kepulauan Riau, M Irwansyah Putra, mengatakan, dengan pengoperasian infrastruktur listrik desa tersebut dapat mendorong laju pertumbuhan  ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

    Dirinya mengajak seluruh masyarakat agar memanfaatkan energi listrik secara optimal sehingga bisa meringankan pekerjaan rumah tangga. “Kerja sama dengan Pemkab Siak, PLN telah menyelesaikan pembangunan 35,7 Kms jaringan tegangan menengah, 19,3 Kms jaringan tegangan rendah, dan 722 Kva travo distribusi dengan nilai investasi sebesar Rp19,3 miliar,” tutur Irwansyah.

    Dia menjelaskan, untuk tahun depan, pihaknya sudah menargetkan seluruh desa di Riau akan mendapatkan pelayanan listrik PLN.  Dengan peningkatan jaringan listrik sampai ke desa, sehingga perekonomian menjadi semakin baik.

    “Pada hari ini (kemaren, red) dapat diselesaikan 4 desa terakhir yang ada di kabupaten Siak, artinya sudah 100 persen listrik sudah teraliri di Kabupaten Siak,” jelasnya.

    Di kesempatan itu, secara bersama-sama dilakukan penekanan tombol sirine tanda seluruh desa di kabupaten Siak sudah teraliri listrik. Kemudian dilakukan penandatanganan sejumlah prasasti, di antaranya pembangunan Gedung Futsal Muara Kelantan. Penyerahan 1 unit ambulance dari dana desa untuk Kampung Bencah Umbai, serta penyerahan bantuan PLN peduli berupa 100 paket sembako untuk masyarakat fakir miskin dan dhuafa dengan total Rp15 juta.

    Penyerahan penghargan PLN UP3 oleh  GM PLN Riau Kepri kepada Bupati Siak atas dukungannya menjadikan Kabupaten Siak tertib bayar rekening listrik tahun 2018. Selanjutnya Bupati Syamsuar berbicara dengan Penghulu Tasik Betung, Khairul Anas, dan Penghulu Teluk Lanus melalui video conference terkait listrik desa. (din)
       
       
       




     
    Berita Lainnya :
  • 100 Persen Desa Sudah Dialiri Listrik di Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 MPP Pekanbaru Buka 174 Jenis Layanan
    02 Caleg Perindo Riau Harus Militan dan Kerja Keras
    03 Barongsai Patok dan Kembang Api Pukau Pengunjung
    04 BRK dan Pemkab Inhu MoU Transaksi Non Tunai
    05 CDN Gelar Workshop Digital Untuk Komunitas
    06 Kontribusi Pendapatan Data XL Capai 80 Persen
    07 Barongsai Patok Meriahkan Cap Go Meh
    08 Senam Kesehatan Pencegahan Kanker Rayakan HUT ke-13
    09 Lomba Bahasa Mandarin Meriah
    10 Dikeroyok, Seorang Pemuda Tanjung Rhu Tewas
    11 Aklamasi, Agus Triono Terpilih Jadi Ketum PODSI Pekanbaru
    12 Overload, BPTD Riau Amankan 4 Truk Bermuatan Kayu
    13 Melihat Perayaan HUT Dewa Kwan Kong di TITD Hiap Thian Thua
    14 Pererat Kekeluargaan, IKTS Gelar Imlek Bersama
    15 Bersama TNI, Polri dan BPBD, Fire Fighter PT SRL Berjibaku Padamkan Api
    16 Pembayaran Honor RT dan RW di Pekanbaru Tunggu Audit BPK
    17 UAS Tidak Hadiri Sidang Penghinaan
    18 Gebyar Hoki Imlek Honda Bertabur Hadiah
    19 Sabtu, Lomba Bahasa Mandarin di Mal SKA
    20 Menjalin Silaturahmi Dengan EVP
    21 XL Luncurkan Kartu Perdana XL Go Izi
    22 Dua Flyover Langsung Dilalui, Jembatan Siak IV Ditunda
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © METRORIAU.com - Berwawasan dan Berkepribadian