Minggu | 15 September 2019
Maha Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya Kumpulkan 103 Kantong Darah
Maha Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya Jalan Bukit Barisan III, Pekanbaru.


Sabtu | 14 September 2019
5000 Lampion Hiasi Maha Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya
Maha Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya Jalan Bukit Barisan III, Pekanbaru,.


Jumat | 13 September 2019
Dihadiri Wagubri, Festival Kue Bulan di Pekanbaru Dipadati Warga
Meski diselimuti kabut asap, perayaan Festival Lampion Zhong Qiu di Jalan.

Rubrik : rohil
Pemkab Rohil Tetapkan Kelender Destinasi Wisata
Editor : wisly | Penulis: Afrizal
Rabu , 12 Juni 2019
Bakar Tongkang

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) bersyukur karena pulau dan danau yang ada di Negeri Seribu Kubah dipromosikan menjadi destinasi wisata oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Salah satu yang dipromosikan, yakni pulau yang terletak diperbatasan perairan Malaysia seperti Pulau Jemur, Pulau Batu mandi, Tokong, dan Pulau Arwah, serta pulau kecil lainnya.

"Seluruh event yang ada akan dipromosikan dan didorong kepermukaan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah Ritual Bakar Tongkang (RBT) yang sudah masuk dalam kelender nasional yang pada tahun ini dilaksanakan tanggal 17-19 Juni mendatang," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Kadisparpora) Rohil, H Ali Asfar S Sos MSi, di Bagansiapiapi, baru-baru ini.

Menurutnya, event Atib Koambai cukup dikenal dan mudah berkembang untuk dipromosikan ketingkat nasional. Hal ini dikarenakan event tersebut menyangkut dengan budaya warisan Melayu.

"Dalam mempromosikan destinasi wisata tentunya Pemkab Rohil sudah melakukan kerja sama dengan Pemkab Siak dan Pemprov Riau. Untuk itu, kita minta peran serta dari masyarakat agar bersama-sama mengangkat potensi yang ada didaerah," harapnya.

Ali Asfar menambahkan, ada pun nama event dan jadwal pelaksanaan kalender of event nasional, yakni Cheng Beng (Sembahyang kuburan) tanggal 26 Maret hingga 5 April. Event ini lebih dikenal dengan istilah warga Tionghoa balik kampung dari berbagai daerah dan penjuru.

Kemudian Festival Atib Koambai yang digelar pada 8 Juni di Kecamatan Kubu, Festival Bakar Tongkang tanggal 17-19 Juni, dan Bagan Haritage tanggal 18 Juni, selanjutnya festival bujang dara tanggal 21-27 Juni.

Sedangkan festival pulau tilan, sambung Ali Asfar, ditetapkan pada 5-7 Juli di Kecamatan Tanah Putih. Festival Danau Naoangga tanggal 19-20 Agustus di Kecamatan Tanjung Medan, dan terakhir adalah festival Rohil bersenandung yang ditetapkan tanggal 1-5 Oktober," Terang Ali Asfar.*




Berita Lainnya