Selasa | 20 Agustus 2019
HUT ke-74 RI, Yayasan Hemadhiro Mettavati Gelar Pesta Rakyat di Okura
Yayasan Hemadhiro Mettavati menggelar acara pesta rakyat bertajuk Mengenang.


Minggu | 18 Agustus 2019
Pengurus Persaudaraan Marga Zhang Riau Resmi Dilantik
Persaudaraan Marga Zhang Riau masa bhakti 2019-2022 yang diketuai Robert Iwan.


Minggu | 18 Agustus 2019
Sambut HUT Kemerdekaan RI, Muda-Mudi IKTS Gelar Berbagai Lomba
Muda-mudi Ikatan Keluarga Tionghua Selatpanjang & Sekitarnya (IKTS) menggelar.

Rubrik : rohul
Dampak Kabut Asap, 239 Warga Rohul Diserang ISPA
Editor : wisly | Penulis: Hendra
Selasa , 13 Agustus 2019
ilustrasi gunakan masker

PASIRPENGARAIAN- Kabut Asap di sejumlah Kabupaten Kota di Provinsi Riau, sudah mulai ganggu kesehatan masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Meski Jumlah titik Hot Spot di Rohul nihil, asap kiriman dari kabupaten tetangga sebabkan warga di perbatasan mulai terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Dari data Dinas Kesehatan Rohul, jumlah penderita ISPA sudah mencapai 239 Jiwa di 16 Kecamatan, dimana daerah terdekat Perbatasan Rohul-Kampar, seperti Kabun, Ujung Batu dan Rambah Samo menjadi yang terbanyak terserang ISPA.

Informasi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohuk, dr Bambang Triyono, melalui dari data yang dihimpun di 3 Kecamatan tersebut, jumlah Warga yang terserang ISPA capai 95 Kasus antara Lain Rambah samo 43 kasus, kabun 31 Kasus dan Ujung batu 21 kasus.

“Di Kecamatan Kabun berbatasan langsung dengan Kabupaten Kampar, pihak puskesmas setempat bahkan sudah meminta bantuan masker guna mengatasi kabut asap yang mulai menebal di daerah Tersebut," kata Kadiskes Bambang.

Bambang juga mengaku, secara umum daerah yang terdampak kabut asap di Rohul baru sebatas di daerah perbatasan dengan kabupaten yang terjadi peristiwa karlahut.

Sedangkan untuk di wilayah ibukota Pasir Pangaraian dan sekitarnya, kondisi udara masih normal dan penderita ISPA umumnya merupakan kasus rutin terjadi bukan karena pengaruh kabut asap.

“Kita tetap himbau Warga Rohul meningkatkan kewaspadaan terutama bayi dan balita jaga kesehatan dan kita himbau jika kabut asap makin tebal dapat mengurangi aktivitas di luar rumah," imbaunya.  

Selain ISPA, sesuai data petugas Diskes Rohul juga terdapat 23 Kasus Iritasi Mata 23, 14 Kasus Iritasi kulit, 1 Kasus Pneumonia, dan 13 Kasus Asama.*

 




Berita Lainnya