Minggu | 15 September 2019
Maha Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya Kumpulkan 103 Kantong Darah
Maha Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya Jalan Bukit Barisan III, Pekanbaru.


Sabtu | 14 September 2019
5000 Lampion Hiasi Maha Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya
Maha Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya Jalan Bukit Barisan III, Pekanbaru,.


Jumat | 13 September 2019
Dihadiri Wagubri, Festival Kue Bulan di Pekanbaru Dipadati Warga
Meski diselimuti kabut asap, perayaan Festival Lampion Zhong Qiu di Jalan.

Rubrik : nasional
Pascarusuh di Papua
Ratusan Mahasiswa Papua Pulang Kampung
Editor : putrajaya | Penulis: Achmad Syaiful
Senin , 09 September 2019
Sejumlah mahasiswa di salah satu bandara. Mereka merupakan bagian dari mahasiswa yang akan berangkat menuju Papu. [harianaceh]

JAYAPURA – Ratusan mahasiswa Papua di sejumlah daerah memilih kembali ke daerah asalnya pascarrusuh yang terjadi di Papu beberapa waktu lalu. Gubernur Papua Lukas Enembe mencatat, saat ini sudah mencapai diatas 500 mahasiswa dari Manado dan Pulau Jawa yang sudah kembali ke Papua.

Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan akan membicarakan kepulangan mahasiswa Papua bersama Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat, Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) dan walikota/bupati se-Papua.

 
“Saya dapat informasi sudah 300 lebih, 200 Manado, sedangkan 100 lebih sisanya berasa dari beberapa kota studi di Pulau Jawa. Bisa saja mereka dikembalikan ke kota studi,  nah sekarang tinggal tergantung mereka,” ujarnya.

Dia mengaku hingga kini belum berkomunikasi dengan ratusan mahasiswa pascakepulangan mereka dari beberapa kota studi di Indonesia.  “Saya belum berkomunikasi dengan mahasiswa itu,” aku gubernur dua periode ini.

Sebelumnya, Koordinator Jaringan Aktivis Mahasiswa Sulawesi Utara, Risat Sanger menyebut  721 mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang kuliah di Sulawesi Utara pulang kampung pascakerusuhan di wilayah paling timur Indonesia ini.

Kepulangan ratusan mahasiswa Papua ini terjadi sejak 22 Agustustus hingga 7 September 2019. Data Angkasa Pura I mencatat 12 gelombang mahasiswa yang kembali ke Papua. Sementara yang diberangkatkan menggunakan kapal laut mencapai 3 gelombang.

“Jumlah mahasiswa Papua yang kuliah di Sulut ada sekitar 3.000 orang, 721 mahasiswa kembali ke Papua, 80 persen diantaranya adalah mahasiswa aktif, sedangkan 20 persen adalah mahasiswa tidak aktif,” ujar Risat di Manado, Sabtu (7/9). (Asi/PS/INI Network)




Berita Lainnya