Sabtu | 23 Mei 2020
Marga Zhang Riau Salurkan Sembako Lewat Koramil dan Polsek Senapelan
Membantu warga terdampak Covid-19 atau virus corona dilingkungan sekitar,.


Kamis | 21 Mei 2020
Tionghoa Peduli dan Pimpinan DPRD Pekanbaru Salurkan Sembako
Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 Riau menyalurkan 200 paket sembako.


Rabu | 20 Mei 2020
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan Raih Rekor MURI
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Rubrik : huawen
Dihadiri Wagubri, Festival Kue Bulan di Pekanbaru Dipadati Warga
Editor : wisly | Penulis:
Jumat , 13 September 2019

PEKANBARU - Meski diselimuti kabut asap, perayaan Festival Lampion Zhong Qiu di Jalan Karet, Kampung Tionghoa Melayu, Pekanbaru, Jumat (13/9) tetap berlangsung. Turut dihadiri Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution.

Dalam kata sambutannya, Wagubri berharap perayaan Festival Lampion Zhong Qiu atau dikenal dengan festival kue bulan yang sudah digelar di Kota Pekanbaru sejak 10 tahun terakhir bisa menjadi agenda pariwisata.

"Kita berharap Festival Kue Bulan di Pekanbaru menjadi agenda pariwisata dan budaya serta dapat mengundang wisatawan, seperti bakar tongkang di Rohil," katanya.

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyambut baik perayaan Festival Lampion Zhong Qiu, karena dapat menjalin silaturahmi dengan masyarakat Pekanbaru.

"Saya juga mohon maaf atas bencana asap yang sedang melanda Riau akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kami terus berupaya agar Karhutla cepat diatasi dan segera berakhir," terangnya.

Pada perayaan Festival Lampion Zhong Qiu tahun ini, pawai lampion yang menjadi cirikhas perayaan Festival Lampion Zhong Qiu di Pekanbaru dibatalkan akibat kabut asap. Namun berbagai rangkaian acara lainnya tetap berjalan. Di antaranya makan kue bulan bersama, pembagian lampion dan pembagian masker kepada pengunjung. Kemudian beberapa lampion raksasa tetap di pajang di Jalan Karet.

Sebelumnya, dilaksanakan doa bersama agar masyarakat Indonesia, khususnya Provinsi Riau dijauhkan dari berbagai bencana.

Turut dihadiri Kepala Disparekraf Riau, Fahmizal Usman dan sejumlah unsur fokopimda Riau serta Ketua atau perwakilan organisasi Tionghoa di Pekanbaru. Kemudian ribuan masyarakat yang sudah hadir sejak sore hari.

Perayaan mengambil tema Melalui Perayaan Zhong Qiu Bersama, Kita Pererat Kebersamaan dalam Keberagamaan, Cinta Damai dan Pembauran.*




Berita Lainnya