10 Rabiul Akhir 1442 H / Kamis, 26 November 2020
Si Rame Jadi Maskot Pilkada Meranti 2020
politik | Minggu, 1 Desember 2019
Editor : wisly | Penulis : Ali

SELATPANJANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti resmi melaunching dan mengenalkan logo dan maskot untuk Pilkada Kepulauan Meranti 2020, di Lapangan Taman Cik Puan Kota Selatpanjang, Sabtu (30/11) malam. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdakab Kepulauan Meranti, H Yulian Norwsi SE MM, Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid, beserta seluruh komisioner, Ketua KPU Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir, Forkompimda Kepulauan Meranti, tokoh adat, agama serta masyarakat.

Pilkada Kepulauan Meranti masuk ke dalam Pilkada serentak 2020. Sedikitnya ada 270 daerah otonom kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada. Di Riau ada 9 kabupaten/kota yang melakukan Pilkada serentak, termasuk Kepulauan Meranti.

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid, mengatakan, tahapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti tahun 2020 sudah berjalan. Tahap awalnya dengan ditandatangani NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah).

"KPU Kepulauan Meranti bersama pemkab sepakat menetapkan bahwa anggaran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Meranti tahun 2020 sebesar Rp22 miliar lebih," kata dia.

Launching Pilkada ini merupakan bentuk sosialisasi Pilkada 2020. "Kegiatan ini kami buat tujuannya agar masyarakat mengetahui pemilihan pemilihan Bupati dan Wabup Kepulauan Meranti yang akan dilaksanakan pada 23 September 2020 mendatang" sebutnya.

Dia mengharapkan, Pilkada Kepulauan Meranti yang ketiga kalinya ini pelaksanaannya aman dan lancar. "Kita berharap Pilkada sukses penyelenggaran aman. Tentunya kami tidak bisa sendiri dan juga Bawaslu, harus ada dukungan dari kita semua, yakni pemerintah, kepolisian, dan peserta Pilkada sendiri," paparnya.

Abu Hamid mengatakan, maskot Pilkada Kepulauan Meranti kali ini adalah Si Rame. Si Rame merupakan singakatan dari Sile (Silahkan) Rakyat Memilih. Si Rame berasal dari hewan Rame-Rame alias Makohe yang kerap dijumpai di Meranti. "Diambilnya hewan ini sebagai inspirasi maskot Pilkada tahun 2020 dikarenakan filosofi yang menaunginya. Hewan ini memiliki kebiasaan gigih menggali tanah dan membuat gundukan," jelasnya.

Gundukan yang diibaratkan sebagai rumah untuk kemudian dapat didiami dan hewan lain yaitu Senepak. "Hal ini yang menjadi harapan bagi calon kepala daerah di Kepulauan Meranti mendatang untuk dapat memiliki sifat gigih melakukan pembangunan demi kemakmuran masyarakat Kepulauan Meranti, bukan untuk kepentingan pribadi. Nama tokoh maskot Si Rame juga merupakan singkatan dari Sile Rakyat Memilih," lanjutnya.

Sementara Tanjak yang dikenakan oleh si Rame merupakan salah satu aksesoris kaum adam negeri Melayu, sehingga maskot Pilkada ini tetap mengedepankan budaya sebagai ciri masyarakat Melayu.

Dan tual sagu melambangkan kemakmuran masyarakat Kepulauan Meranti karena sagu sendiri merupakan hasil perkebunan terbaik yang secara kualitas sudah diakui ditingkat nasional dan internasional. Diluar daerah sagu dijadikan sebagai makanan pokok, selain itu daerah lain di Indonesia melakukan lawatan ke Kepulauan Meranti guna mendapatkan ilmu pengolahan sagu menjadi sangat berkualitas. Dalam sebuah rangkaian maskot ini KPU Meranti juga mengambil tual sagu sebagai ilustrasi kotak suara pemilihan

Sementara surat suara yang dipegang oleh Si Rame memuat tanggal Pilkada di Kepulauan Meranti yang terlihat juga seperti akan dimasukkan kedalam kotak suara. Hal ini juga selaras dengan paku yang dipegang dan juga himbauan sile memilih yang diharapkan masyarakat datang pada 23 September 2020 ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Sekda Kepulauan Meranti, H Yulian Norwis, mengapresiasi KPU yang telah meluncurkan maskot pilkada Kepulauan Meranti. Pemkab Kepulauan Meranti siap mendukung penuh penyelenggaraan Pilkada di Kepulauan Meranti.

"Kami mengajak seluruh stakeholder agar bersama menyukseskan perhelatan akbar tersebut nanti.
Kami harapkan seluruh peserta pilkada, masyarakat, dan partai politik untuk menyukseskan pilkada tahunun 2020," pungkasnya.*




Artikel Terbaru
inhu, Kamis, 26 November 2020
Satu pasien suspek Covid-19 di Inhu meninggal dunia. Dengan demikian.

dunia, Kamis, 26 November 2020
Studi inovatif terbaru menjelaskan bagaimana Matahari bersinar..

pekanbaru, Kamis, 26 November 2020
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berikan penghargaan secara simbolis.

etalase, Kamis, 26 November 2020
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berupaya meningkatkan kinerja.

potensa, Kamis, 26 November 2020
Mengakomordir kebutuhan nasabah dalam berinvestasi emas, Bank.

etalase, Kamis, 26 November 2020
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menutup ramgkaian.

etalase, Kamis, 26 November 2020
Setelah sebelumnya meraih penghargaan tertinggi dari ISSA.

hukum, Kamis, 26 November 2020
Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau telah menetapkan dua tersangka dalam.

dumai, Kamis, 26 November 2020
Isak tangis iringi prosesi pemakaman jenazah Wakil Walikota Dumai Eko.

hukum, Kamis, 26 November 2020
Empat tersangka sedang transaksi sabu disebuah rumah beralamat di.

Otomotif