21 Zulqaidah 1441 H / Minggu, 12 Juli 2020
Libur Panjang Natal & Tahun Baru 2020
Trafik Data XL Axiata di Sumatra Naik 70%
potensa | Jumat, 3 Januari 2020
Editor : wisly | Penulis :
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS di daerah Wisata Danau Toba, Samosir.

PEKANBARU - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melalui masa liburan panjang akhir tahun dengan kinerja jaringan yang baik secara nasional, termasuk di wilayah Sumatra. Hampir tidak ada persoalan yang berarti yang menganggu layanan kepada pelanggan selama masa libur antara 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. 

Pada waktu yang sama, trafik data di Sumatra saja mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai sekitar 70% dibandingkan trafik di hari normal.  Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu yang mencapai 70%. Layanan data Game 184% menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Web Browsing 183% dan Social Networking Service 171%.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, “Semua ini hasil dari upaya XL Axiata secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Sumatera. 

Bahkan kami juga menggelar jaringan 4G hingga ke Kepulauan Anambas dan belum lama berselang di Natuna. Momen liburan panjang seperti kemarin itu merupakan cara untuk menguji seberapa efektif peningkatan jaringan yang kami lakukan.” 

Desy menambahkan, keberhasilan jaringan XL Axiata melayani masyarakat sepanjang liburan dengan trafik data yang meningkat tajam merupakan salah satu tolak ukur dalam penyediaan layanan berkualitas bagi pelanggan di wilayah kerjanya. Trafik data tertinggi terjadi di Provinsi Bengkulu, yaitu sebesar 21% dibandingkan hari normal. Menyusul kemudian Provinsi Sumatera Barat yang naik 21%, lalu Provinsi Bangka Belitung naik 19%. 

Di tingkat kota/kabupaten, kenaikan tertinggi terjadi di Kabupaten Pakpak Bharat dengan kenaikan hingga 77%, disusul Kabupaten Aceh Tenggara naik 73%. Tertinggi selanjutnya Kabupaten Tapanuli Utara naik 69%. Beberapa kota se-Sumatera juga hampir semua mengalami peningkatan trafik data. Medan dan sekitarnya naik 10%, Banda Aceh naik 13%, Jambi 12%, Padang naik 11%, Palembang naik 14%, *Pekanbaru 7%*, Batam 15%, dan  Bandar Lampung naik 13%. Saat Natal, 24-25 Desember 2019, trafik data di wilayah dengan komunitas Nasrani cukup besar seperti Medan, Tapanuli Utara, Tanah Karo, dan Toba Samosir naik antara 40% hingga 69%.  

Kenaikan trafik sepanjang liburan akhir tahun ini tidak terlepas trend berwisata masyarakat Indonesia yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Karena itu tidak mengherankan juga jika kenaikan trafik di berbagai destinasi wisata popular di Sumatera ikut berkontribusi signifikan pada kenaikan trafik se-Sumatera. Misalnya saja Danau Toba, Batam, Bangka dan Belitung, Bukittinggi, hingga Bintan. Kenaikan trafik di area wisata berkisar antara 5% hingga 248%.

Khusus wilayah Sumatera, ada lebih dari 12 unit mobile BTS yang dikerahkan untuk mendukung kinerja jaringan data. Perangkat tersebut ditempatkan di berbagai lokasi yang strategis, seperti antara lain lokasi wisata popular, pelabuhan penyeberangan, hingga untuk melayani pengguna jalan tol, yaitu di Tol Indralaya dan Tol Bakauheni.  

Trafik data melonjak secara Nasional

Secara nasional, sepanjang liburan akhir tahun ini, trafik data meningkat signifikan, mencapai sekitar 14% dibandingkan trafik di hari normal.  Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandinkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu yang mencapai 38%. Area-arae di luar Jawa juga cukup berkontribusi dalam kenaikan trafik kali ini. Rata-rata kenaikan trafik di luar Jawa mencapai 15%. Layanan data Games 25% menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Instant Messaging sebesar 16% dan Web Browsing 12%.

Data dari Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) XL Axiata yang berada di kantor pusat XL Axiata menunjukkan, kenaikan rata-rata trafik data khusus saat Natal sebesar 9% dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan trafik tertinggi 21%. Sedangkan saat malam Tahun Baru saja, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14% dan tertinggi 77%. 

Tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi antara 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 adalah Kab. Malang sebesar 26%, Kab. Cianjur 26%, dan Kab. Banyuwangi 25%. Saat Natal, 24-25 Desember 2019, trafik di wilayah dengan komunitas Nasrani seperti Medan dan sekitarnya mengalami peningkatan trafik sebesar 10%, Manado 18%, dan Kupang 21%.  Sementara itu, trafik data di area Jabodetabek yang ditinggalkan banyak warganya selama periode liburan ini mengalami penurunan sekitar 5% dibanding hari normal. Selama periode libur Natal dan Tahun Baru ini, pelanggan XL Axiata juga banyak menggunakan layanan data selama berlibur di luar negeri, terlihat dari kenaikan trafik roaming sebesar 20% dibandingkan hari biasa
 
Area-area lokasi wisata popular yang mengalami lonjakan trafik antara lain Pantai Carita sebesar 200%, GWK Bali 150%, dan Gili Trawangan Lombok sebesar 80%. Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 10%, Ciater Jawa Barat 235%, Pantai Indrayanti Yogyakarta 360 serta Jatim Park 2 Malang sebesar 115%. 

Jenis layanan data yang paling banyak digunakan adalah Youtube yang mengalami lonjakan trafik hingga 80% dibandingkan hari biasa. Selanjutnya adalah Whatsapp sebesar 30%, Mobile Legend 26% dan Instagram 10%.  Layanan streaming video dan musik menjadi favorit karena tingkat kenyamanan penggunaannya juga semakin baik. Hal ini tidak terlepas dari peningkatan kualitas jaringan data yang XL Axiata lakukan di seluruh Indonesia, antara lain melalui proyek fiberisasi yang mampu meningkatkan kapasitas jaringan. Trafik layanan instant messenger yang biasa digunakan untuk mengirimkan ucapan naik hingga 16%. 

Untuk memastikan jaringan benar-benar aman, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 BTS yang meng-cover area atau wilayah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru. Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata. Ada pula penempatan sekitar 30 Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatera, Jakarta, pusat Kota Bandung serta di jalur Tol Trans Jawa. Persiapan jaringan lainnya berupa pengaturan trafik internet upstream arah ke Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.
 
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak 55,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 130.000 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 410 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.*




Artikel Terbaru
sportainment, Sabtu, 11 Juli 2020
Satu tim sudah dipastikan terdegradasi dari Premier League 2019/2020..

pekanbaru, Sabtu, 11 Juli 2020
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau umumkan.

meranti, Sabtu, 11 Juli 2020
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Dinas Sosial,.

nasional, Sabtu, 11 Juli 2020
Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menyebut.

meranti, Sabtu, 11 Juli 2020
Tahun ajaran baru akan dimulai pada 13 Juli 2020 mendatang, namun.

etalase, Sabtu, 11 Juli 2020
SMK Negeri 1 Sungailiat, Bangka Belitung, berhasil memenangi.

bengkalis, Sabtu, 11 Juli 2020
BENGKALIS – Warga desa yang tinggal di sepanjang pinggiran pantai.

dunia, Jumat, 10 Juli 2020
Warga Israel geram dengan sikap pemerintahan Perdana Menteri Benjamin.

pekanbaru, Jumat, 10 Juli 2020
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, umumkan Riau.

pelalawan, Jumat, 10 Juli 2020
Pandemi Covid-19 tak menghalangi warga Desa Pangkalan Terap,.

Otomotif