Sabtu | 23 Mei 2020
Marga Zhang Riau Salurkan Sembako Lewat Koramil dan Polsek Senapelan
Membantu warga terdampak Covid-19 atau virus corona dilingkungan sekitar,.


Kamis | 21 Mei 2020
Tionghoa Peduli dan Pimpinan DPRD Pekanbaru Salurkan Sembako
Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 Riau menyalurkan 200 paket sembako.


Rabu | 20 Mei 2020
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan Raih Rekor MURI
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Rubrik : huawen
Wagubri Hadiri Spring Festival Reception 2020 Bersama Konjen Tiongkok
Editor : wisly | Penulis:
Jumat , 10 Januari 2020
Wagubri dan Konjen Tiongkok Kota Medan foto bersama dengan Ketua dan perwakilan Ormas Tionghoa di Pekanbaru.

PEKANBARU - Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Untuk Kota Medan melaksanakan spring festival reception 2020 di Novotel Pekanbaru, Kamis malam (9/1). Festival turut dihadiri Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution.

Wagubri mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sangat mendukung spring festival 2020 yang dilaksanakan Konjen Tiongkok. Kegiatan diharapkan dapat memgembangkan sektor pariwisata di Riau. "Provinsi Riau mempunyai fasilitas pelabuhan yang mumpuni dan destinasi wisata yang banyak serta bisa dikunjungi siapa saja," katanya.

Selain itu, lanjutnya, Provinsi Riau memiliki masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, salah satunya Tionghoa. "Selama ini hubungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari cukup baik," jelasnya.

Sementara itu, Konjen Tiongkok Untuk Kota Medan, Qiu Weiwei menjelaskan, kunjungan ke Pekanbaru bukan sekadar untuk membangun ekonomi, namun adanya pertukaran budaya sehingga lebih saling mengenal.

"Tahun ini menandai peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Indonesia. Diharapkan komunitas Tionghoa di Provinsi Riau akan terus berfungsi sebagai jembatan dalam mendorong pertukaran humaniora dan kerjasama pragmatis Tiongkok-Indonesia. Kemudian memberi kontribusi pada dorongan keserasian antara rakyat kedua negara serta persahabatan antar generasi," jelasnya.

Dikatakannya, warga Tionghoa telah lama berada di Indonesia sejak ratusan tahun dan Riau merupakan tempat berkumul yang penting bagi warga Tionghoa di Indonesia. Warga Tionghoa berupaya untuk maju dan saling membantu serta berkontribusi bagi perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. Kemudian menambahkan warna bagi multikulturalisme Indonesia dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Pekanbaru, Konjen RRT bertemu dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru. Dimana pertemuan berjalan sukses dan kedua belah pihak ingin lebih banyak kerjasama di masa depan.

"Konjen RRT di Medan bersedia untuk mendorong kemajuan berkelanjutan dalam kerjasama antara Provinsi Riau dengan kota-kota di Tiongkok," tuturnya sambil mengatakan selamat Tahun Baru Imlek untuk semua warga Tionghoa.

Ditambahkannya, kegiatan seperti ini sudah beberapa kali dilaksanakan dibeberapa tempat di pulau Sumatera.*

 

 




Berita Lainnya