Sabtu | 23 Mei 2020
Marga Zhang Riau Salurkan Sembako Lewat Koramil dan Polsek Senapelan
Membantu warga terdampak Covid-19 atau virus corona dilingkungan sekitar,.


Kamis | 21 Mei 2020
Tionghoa Peduli dan Pimpinan DPRD Pekanbaru Salurkan Sembako
Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 Riau menyalurkan 200 paket sembako.


Rabu | 20 Mei 2020
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan Raih Rekor MURI
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Rubrik : kampar
PSU Pilkades Bukit Melintang Terancam Gagal
Editor : wisly | Penulis: Adi
Selasa , 14 Januari 2020
Ratusan massa aksi memenuhi halaman di depan Kantor Dinas PMD Kampar. Massa menyampaikan beberapa point tuntutan.(adi)

BANGKINANG KOTA - SK Bupati Nomor :140-806/XII/2019 Tentang Tahapan dan Penetapan Desa Peserta Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Desa terancam gagal. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kampar, Febrinaldi Tridarmawan S STP M Si, Selasa (14/01) seusai menerima massa aksi masyarakat dari Desa Bukit Melintang mengatakan, PSU Desa Bukit Melintang Kecamatan Kuok kemungkinan besar tidak akan berjalan sebagaimana jadwal yang telah ditentukan dalam SK Bupati  Kabupaten Kampar Nomor: 140-806/XII/2019. 
"Bagaimana mungkin PSU akan kita laksanakan pada tanggal 15 Januari ini, karena panitia pemilihan Calon Kepala Desa Bukit Melintang hingga saat ini belum terbentuk," ungkap Febrinaldi.

Febrinaldi juga menjelaskan, PSU dilaksanakan berawal dari sanggahan atau permohonan gugatan dari masyarakat yang tidak menerima hasil Pemungutan suara pada Pilkades Bukit Melintang, karena menduga adanya keterlibatan panitia yang dinilai bersikap tidak netral dan menguntungkan salah satu Calon Kepala Desa. 

Masyarakat yang menuntut PSU tersebut memberikan keterangan yang dilengkapi dengan bukti-bukti keterlibatan panitia pemilihan Cakades tersebut.

Setelah menerima gugatan masyarakat yang tidak menerima hasil pelaksanaan Pilkades Bukit Melintang, maka gugatan tersebut disampaikan kepada Tim Fasilitasi Penyelesaian Persoalan Pilkades Kabupaten Kampar dan dilakukan konfrontasi dan dianalisa terhadap materi gugatan yang disampaikan oleh masyarakat. 

Setelah dilakukan konfrontasi dan analisa, maka tim memberikan rekomendasi kepada Bupati Kampar agar dilaksanakan PSU Desa Bukit Melintang. Dari hasil rekomendasi, maka Bupati Kampar mengeluarkan SK Nomor: 140-806/XII/2019, tentang Tahapan dan Penetapan Desa Peserta Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Kepala Desa, dengan SK tertanggal 16 Desember 2019. Dalam SK tersebut dijadwalkan pembentukan panitia PSU pada 06-09 Januari 2020. Sementara jadwal PSU dilaksanakan pada 15 Januari 2019.

Pada tanggal 08 Januari yang lalu, rapat pembentukan panitia yang dilaksanakan di kantor desa Bukit Malintang gagal karena ganguan keamanan. Kemudian dilanjutkan rapat pada tanggal 09 di Kantor Camat Kuok yang dikawal okeh 55 personil pihak keamanan. 

Namun rapat pada malam tersebut juga gagal, karena kubu yang menolak PSU mendatangi arena rapat di kantor camat Kuok. Akibat adanya teriak dan teror dari luar arena rapat di kantor Camat Kuok, dan menghindari terjadinya kerusuhan pada malam tersebut, maka rapat pada malam itu juga gagal. 

"Hasil kegagalan rapat untuk membentuk panitia PSU Desa Bukit Melintang kita sampaikan kepada tim yang diketuai oleh Sekda Kabupaten Kampar. Kita melakukan kordinasi dengan pihak kementerian untuk mencarikan solusi terhadap persoalan tersebut. Kita juga meminta arahan kepada kementerian bagian Tupoksi yang melakukan pembinaan kepada pemerintahan desa," ungkap Febrinaldi.

Febrinaldi menegaskan, selalu mengintruksikan kepada stafnya agar selalu bekerja sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.*




Berita Lainnya