20 Zulqaidah 1441 H / Sabtu, 11 Juli 2020
Pemkab Siak Terus Sosialisasikan Sensus Penduduk Online
siak | Kamis, 13 Februari 2020
Editor : wisly | Penulis : Diana

SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak terus melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan sensus penduduk online yang digelar besok, Sabtu (15/2). Ini upaya pemkab dalam pendukung suksesnya program pemerintah pusat ini.

Menurut Bupati Siak, Alfedri, sosialiasasi yang dilakukan pihaknya dalam upaya meningkatkan kesadaran stakeholder serta masyarakat akan tanggungjawab bersama terhadap data hasil sensus penduduk 2020. Selain itu, juga untuk meningkatkan kerja sama koordinasi dan komunikasi antara Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Siak dengan seluruh pengguna data. 

"Khusus bagi jajaran pemkab hingga kecamatan dan kepenghuluan wajib hukumnya untuk menyukseskan sensus penduduk tahun 2020 yang dilaksanakan sepuluh tahun sekali ini," ujar Alfedri.

Hal tersebut disampaikan bupati saat memberikan sambutan pada kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Siak Tahun 2021 dan Launching Kegiatan Sensus Penduduk 2020, di ruang rapat Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Kamis (13/2).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Sistem Informasi Statistik BPS Republik Indonesia, DR Muhammad Romzi, Kepala BPSk Provinsi Riau, Misfaruddin, Kepala BPS Kabupaten Siak, Khairunnas, Ketua DPRD Siak, H Azmi, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Siak, camat se-Kabupaten Siak, serta tamu undangan.

Bupati mengatakan, pelaksanaan sensus penduduk  2020 ini memberikan manfaat bagi siapapun, baik pemerintah, dunia usaha, peneliti, akademisi, organisasi masyarakat, jurnalistik dan banyak pihak lainnya. Bagi Pemkab Siak data sensus penduduk akan dijadikan sebagai acuan/pedoman dalam proses perumusan kebijakan perencanaan pembangunan dan evaluasi agar program perlindungan tepat sasaran. Dalam perencanaanya akan memanfaatkan data sensus penduduk yang telah diolah untuk diefisiensi pemberian bantuan dan meningkatkan efektivitas anggaran. 

"Data jumlah penduduk dan distribusinya antar wilayah juga bermanfaat untuk perencanaan data ruang, menghitung kebutuhan infrastruktur dan wilayah, layanan fasilitas publiknya, serta sekolah, pasar, fasilitas kesehatan, jaringan air bersih, layanan metode mode angkutan umum dan lain sebagainya, termasuk penentuan besaran proporsi dana alokasi umum," papar Alfedri. 

Jadi, lanjut bupati, sangat penting data kependudukan ini, karena jumlah penduduk menjadi salah satu indikator dalam penentuan Dana Alokasi Umum (ADU), selain tentu jumlah angka indek kemiskian, serta luas wilayah.

Sementara itu, Direktur Sistem Informasi Statistik BPS RI, DR Muhammad Ramzi, mengatakan, sensus penduduk merupakan amanah bangsa yang tertuang dalam UU Nomor 16 Tahun 1997, dan juga rekomendasi dari PBB, di mana setiap negara harus melakukan sensus penduduk sepuluh tahun sekali.

"Pemerintah punya inisiatif strategis yaitu satu data Indonesia, kita tahu jika berbicara penduduk ada dari BPS, Adminduk, BKKBN dan lainnya. Kita menginginkan satu data kependudukan itu bisa terbangun. Melalui Perpres Nomor 39 tahun 2019, Insha Allah perlahan tapi pasti kita akan menuju ke arah sana," katanya.

Kemudian, sebutnya, khusus untuk percepatan didata kependudukan itu ada inisiatif terstrategis yang sudah tertuang dalam Perpres Nomor 62 tahun 2019, di mana ada Strategi Nasional Percepatan Administrasi Kependudukan untuk Pengembangan Statistik Hayati (Stranas AKPSH).

"Harapannya dengan Stranas AKPSH ini pendataan penduduk dan pencataatan sipil bisa terbangun rapi, dan seluruh warga Indonesia, baik dalam maupun luar negeri, punya dokumen legal tentang kependudukan, inilah yang diharapkan oleh pemerintah," pungkasnya.*
 




Artikel Terbaru
sportainment, Sabtu, 11 Juli 2020
Satu tim sudah dipastikan terdegradasi dari Premier League 2019/2020..

pekanbaru, Sabtu, 11 Juli 2020
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau umumkan.

meranti, Sabtu, 11 Juli 2020
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Dinas Sosial,.

nasional, Sabtu, 11 Juli 2020
Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menyebut.

meranti, Sabtu, 11 Juli 2020
Tahun ajaran baru akan dimulai pada 13 Juli 2020 mendatang, namun.

etalase, Sabtu, 11 Juli 2020
SMK Negeri 1 Sungailiat, Bangka Belitung, berhasil memenangi.

bengkalis, Sabtu, 11 Juli 2020
BENGKALIS – Warga desa yang tinggal di sepanjang pinggiran pantai.

dunia, Jumat, 10 Juli 2020
Warga Israel geram dengan sikap pemerintahan Perdana Menteri Benjamin.

pekanbaru, Jumat, 10 Juli 2020
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, umumkan Riau.

pelalawan, Jumat, 10 Juli 2020
Pandemi Covid-19 tak menghalangi warga Desa Pangkalan Terap,.

Otomotif