Kamis | 02 April 2020
PSMTI Kota Pekanbaru Salurkan Tangki Cuci Tangan dan Disinfektan
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Pekanbaru, menyalurkan.


Kamis | 02 April 2020
Serahkan Alat Semprot dan Cairan Disinfektan ke MUI Pekanbaru
Untuk mengantisipasi virus corona, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia.


Rabu | 25 Maret 2020
Tionghoa Pekanbaru Serahkan Bantuan APD Cegah Covid-19
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) bersama organisasi.

Rubrik : politik
Antisipasi Virus Corona, Tiga Tahapan Pilkada Inhu Ditunda
Editor : wisly | Penulis: dasmun
Minggu , 22 Maret 2020
ilustrasi

RENGAT - Mengantisipasi persebaran virus corona di masyarakat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu mengambil kebijakan penundaan tiga tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Keputusan penundaan dilakukan menindaklanjuti Surat Edaran (SE) KPU RI nomor 8 tahun 2020 tentang pelaksanaan keputusan KPU nomor 179/PL.02-KPT/01/KPU/III/2020. Guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

Penundaan tiga tahapan Pilkada Inhu sesuai Surat Edaran (SE) KPU RI nomor 8 tahun 2020 tentang pelaksanaan keputusan KPU nomor 179/PL.02-KPT/01/KPU/III/2020 penundaan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota tahun 2020. 

Ketua KPU Inhu, Yeni Mairida yang dikonfirmasi melalui ponselnya Minggu (22/3) membenarkan adanya penundaan tahapan Pilkada di Inhu. Langkah diambil berdasarkan regulasi yang sudah dikeluarkan KPU RI.

"Penundaan tiga tahapan Pilkada sesuai SE KPU RI nomor 8 tahun 2020 dan keputusan KPU nomor 179, terdiri dari penundaan tahapan pelantikan PPS dan penundaan tahapan verivikasi faktual calon perseorangan serta penundaan tahapan pemutakhiran data pemilih," ujarnya.

Sesuai jadwal, menurut Yeni, pelantikan PPS sudah harus dilaksanakan hari ini (Minggu). Demikian halnya dengan verifikasi faktual calon perseorangan yang sudah dilaksanakan mulai dari tingkat desa serta pemutakhiran data pemilih yang sudah harus dimulai sekitar tanggal 26 Maret mendatang.

Tahapan pelaksanaan Pilkada selalu berhubungan dengan masyarakat banyak. Sementara saat ini akibat adanya virus corona covid 19 dilarang berkumpul dalam acara dengan pengerahan masyarakat yang jumlahnya besar.

Dikatakannya, saat ini KPU Inhu tengah menggelar rapat pleno untuk menindak lanjuti SE dan KPT KPU RI. Kemudian membuat Salinan Keputusan (SK) yang nantinya akan diberikan kepada instansi terkait, seperti Pemkab dan Kepolisian.

"Penundaan tiga tahapan Pilkada ini tentunya akan berdampak pada tahapan Pilkada lainya, namun tentunya nanti akan ada penyesuaian dari KPU RI. Kami dibawah hanya menjalankan SE KPU RI untuk tidak melaksanakan tiga tahapan tersebut, sampai adanya SE lanjutan dari KPU RI. Saat ini fokus kami untuk mengantisipasi penyebaran virus corona terlebih dahulu," jelasnya.

Namun demikian belum ada kepastian kapan waktu berakhirnya penundaan tahapan pilkada. KPU Inhu masih menunggu regulasi dari KPU RI.*




Berita Lainnya