Sabtu | 23 Mei 2020
Marga Zhang Riau Salurkan Sembako Lewat Koramil dan Polsek Senapelan
Membantu warga terdampak Covid-19 atau virus corona dilingkungan sekitar,.


Kamis | 21 Mei 2020
Tionghoa Peduli dan Pimpinan DPRD Pekanbaru Salurkan Sembako
Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 Riau menyalurkan 200 paket sembako.


Rabu | 20 Mei 2020
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan Raih Rekor MURI
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Rubrik : bengkalis
Hari Pertama PSBB di Bengkalis, Aktifitas Masyarakat Berjalan Normal
Editor : zulkarnain | Penulis:
Jumat , 15 Mei 2020
Antrian kendaraan di pelabuhan roro Desa Air Putih

BENGKALIS – Bengkalis terhitung Jumat (15/5/2020) mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun demikian, penerapan PSBB pada hari pertama ini tidak ada  bedanya dengan hari-hari sebelumnya dan aktifitas masyarakat masih berjalan normal.

Pantauan di lapangan aktifitas masyarakat masih berjalan seperti biasa. Tidak ada pembatasan di sejumlah jalan-jalan protokol, masyarakat masih bebas berlalu-lalang tanpa menggunaka masker, dan toko-toko buka seperti biasa. Bahkan toko pakaian dan kebutuhan lebaran lainnya penuh sesak dengan pengunjung yang ingin berbelanja.

Begitu juga kondisi di pelabuhan Roro Bengkalis masih terlihat antrian kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Meskipun tidak begitu padat, bongkar muat kendaraan tetap berjalan seperti biasanya. Padahal sehari-sebelumnya Plh Bupati Bengkalis H Bustami HY mengatakan akan ada pembatasan penumpang yang  keluar  masuk melalui pelabuhan roro.

Sejumlah warga yang ditemui di beberapa tempat keramaian bahkan mengaku tidak tahu kalau sejak Jumat (15/5/2020) Bengkalis akan menerapkan PSBB. Mereka pun tidak mendapatkan pemberitahuan  hal-hal saja yang akan dilarang dan diperbolehkan selama PSBB. “

Jefri satu diantara pemilik toko di Bengkalis mengaku sampai hari ini tokonya tetap buka seperti biasa, karena belum ada imbauan ataupun larangan yang diterimanya. "Semalam sempat bingung hari ini buka atau tidak, tapi sampai malam tadi tidak ada kita terima imbauan bagaimana untuk PSBB ini. Makanya kita buka saja," katanya.

 

Belum Terima Salinan Perbup

Salah satu instansi teknis pelaksana PSBB, Dinas Perhubungan sejauh ini belum menerapkan PSBB karena Peraturan Bupati (Perbup) Bengkalis untuk pelaksanaannya belum mereka terima. Hal ini diungkap oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Bengkalis Zul Asri, Jumat (15/5/2020) siang. Menurut dia pihaknya sudah menyiapkan pembatasan penggunaan jalan pada jam jam tertentu saat pelaksanaan PSBB.

Terutama pada ruas jalan yang berada di perkotaan Bengkalis maupun di Duri, pembatasan ini sudah disiapkan waktunya guna mengurangi warga untuk berkumpul kumpul di luar rumah. Namun sampai saat ini belum ada pembatasan jalan diperlakukan karena masih menunggu Perbup.

"Kita sudah petakan tempat tempat yang ramai dan akan dilakukan pembatasan penggunaan jalan. Namun ini belum bisa dilaksanakan karena kita masih menunggu Perbup yang mungkin dalam waktu dekat akan turun," pungkasnya.

Sementara itu untuk pintu masuk Kota Bengkalis akan diberlakukan satu pintu melalui Roro dari Sungai Pakning. Sedangkan melalui pelabuhan domestik kapal sudah tidak berjalan sejak beberapa minggu ini. "Jadi pintu masuk hanya melalui Roro, kita tidak jadi membatasi kendaraan penumpang yang masuk. Angkutan seperti travel tetap diizinkan masuk namun dibatasi muatannya, selain itu penerapan  protokol Covid 19 di pertegas dalam pemeriksaan pengguna jasa Roro Bengkalis," katanya (zul)




Berita Lainnya