Sabtu | 23 Mei 2020
Marga Zhang Riau Salurkan Sembako Lewat Koramil dan Polsek Senapelan
Membantu warga terdampak Covid-19 atau virus corona dilingkungan sekitar,.


Kamis | 21 Mei 2020
Tionghoa Peduli dan Pimpinan DPRD Pekanbaru Salurkan Sembako
Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 Riau menyalurkan 200 paket sembako.


Rabu | 20 Mei 2020
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan Raih Rekor MURI
Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadhan tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Rubrik : pekanbaru
Relawan Peduli Covid-19 Riau Berikan Bantuan 2 Unit Incinerator Kepada Pemprov Riau
Editor : wisly | Penulis: rivo
Sabtu , 23 Mei 2020
Relawan Peduli Covid-19 Riau foto bersama Gubri, Syamsuar.

PEKANBARU - Relawan Peduli Covid-19 Riau memberikan bantuan dua unit incinerator kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Bantuan diterima langsung Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Sabtu (23/5/20) pagi di halaman Gedung Daerah,  Pekanbaru. 

Ketua Relawan Peduli Covid-19 Riau, Dirmanto sangat bersyukur, apa yang telah direncanakan dapat terwujud. "Dua unit incinerator ini sampainya memang agak sedikit terlambat, dan hari ini baru bisa kita serahkan langsung," katanya. 

Alat ini sendiri, sambungnya, dari jauh hari telah dipesan kepada pabrik untuk merakitnya.

"Untuk harga  2 unit alat ini mungkin tidak bisa kita sebutkan secara detail. Tapi berkisar ratusan jutalah untuk 2 unit Incinerator," terangnya. 

Dengan adanya 2 unit Incinerator ini, lanjutnya, mudah - mudahan dapat membantu Pemerintah Provinsi Riau dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Incinerator ini berfungsi untuk memusnahkan limbah infeksius, yaitu merubah limbah padat menjadi materi gas dan abu. Dengan demikian akan dapat mengurangi tercecernya sisa dari limbah tenaga medis yang berbahaya bagi kita semua," jelasnya.

Di sebutkannya, incinerator ini ada 2 chamber, yang pertama dengan suhu 800°celcius dan keduanya 1.800°celcius dengan power 3.000 watt. Dan untuk perjamnya bisa memusnahkan APD sebanyak 50 kg, dengan kapasitas 150 liter minyak solar. 

Ditambahkan CEO Awal Bross Group, Arfan Awaloeddin MARS, untuk menghadapi pandemi Covid-19 seperti sekarang marilah kita saling bergandengan tangan,  sehingga dapat memutus mata rantai penyebarannya. 

Disebutkannya, incinerator dapat memusnahkan 50 - 59 kg APD per jamnya, yang jelas segala limbah padat yang dihasilkan tenaga medis dapat dimusnahkan.

"kita sangat apresiasi Relawan Peduli Covid-19 Riau, yang telah mau membantu pemerintah dan masyarakat Riau mulai dari bantuan APD, sembako, sampai donor darah," ungkapnya. 

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, atas nama gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Riau mengucapakan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Relawan Peduli Covid-19 Riau dalam rangka membantu memusnahkan APD yang terpakai. 

Awalnya untuk memusnahkan APD ini kita kirim ke Pusat (Jakarta), dan itu membutuhkan waktu dan biaya. "Dengan adanya bantuan incinerator ini kita tidak perlu lagi mengirimnya ke Jakrta, tetapi bisa kita musnahkan di sini," ungkap Gubri.

Penyerahan turut dihadiri Ketua HBT Pusat, Andreas Sofiandi diwakili Insan Setianto, Penggagas Relawan Peduli Covid-19 Riau, Toni, para relawan, pejabat Pemprov Riau dan tokoh masyarakat Riau.*




Berita Lainnya