27 Zulhijjah 1442 H / Jumat, 6 Agustus 2021
Nekat Standing Depan Polisi, Tiga Pelajar Ditilang Selama 1 Tahun
hukum | Minggu, 14 Juni 2020
Editor : wisly | Penulis : Linda
ilustrasi

PEKANBARU  - Kelakukan tiga pelajar di Pekanbaru tidak patut ditiru. Mereka nekad melakukan standing di depan petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) yang sedang melakukan razia balapan liar di Jalan Yos Sudarso, Pekanbaru,.

Ketiga pelaku berinisial  RV (17), RI (17) dan YN (17). Ketiganya dijemput polisi di rumah orang tua nya masing-masing setelah video aksi standing mereka viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 9 detik itu, terlihat dua orang remaja mengendarai sepeda motor Honda Beat. Ketika melintas di depan petugas kepolisian, pengendara sepeda motor mengangkat kendaraannya.

Aksi itu direkam oleh teman kedua remaja itu. Rekaman itu menyebar di media sosial hingga diselidiki oleh pihak kepolisian. Pelaku diamankan ke kantor Satlantas Polresta Pekanbaru.

"Berdasarkan video viral, kami melakukan pendalaman sehingga didapat alamat ketiga orang tersebut. Lalu ketiganya kami amankan di Kantor Sat Lantas," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, melalui Kasatlantas, Kompol Emil Eka Putra.

Emil menjelaskan,  aksi ketiga remaja itu dilakukan ketika petugas Satlantas melakukan balapan liar di sekitar Stadion Rumbai.  Tiba-tiba datang pelaku melintas kebut-kebutan sambil atraksi standing. "Aksi mereka direkam oleh YN," ucap Emil.

Diketahui video tersebut direkam pada Rabu (10/6) lalu dan kemudian viral pada Jumat (12/6). Pihak kepolisian pun memberikan sanksi tilang terhadap pelajar ini. 

Ketiga remaja itu telah meminta maaf atas aksinya. Meski begitu mereka harus disanksi tilang dan kendaraan ditahan hingga proses sidang pada 2021. Sanksi ini diharapkan dapat memberikan efek jera kepada pelaku. 

"Meskipun sudah meminta maaf, kendaraan pelaku kami tilang selama satu tahun. Pelajar ini akan disidang tahun depan dan dijerat Pasal 297 jo Pasal 115 huruf b Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009,"  pungkas Emil. *
 




Artikel Terbaru
hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah melimpahkan berkas perkara ambruknya.

pekanbaru, Jumat, 6 Agustus 2021
Disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan salah satu cara.

kampar, Kamis, 5 Agustus 2021
Terkait sengketa lahan antara masyarakat dan perusahaan, Bupati.

inhu, Kamis, 5 Agustus 2021
Untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), Pemerintah.

hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau akhirnya menahan Mantan Bupati.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi memimpin Upacara.

huawen, Jumat, 6 Agustus 2021
Relawan Peduli Covid-19 Riau meminjamkan tabung oksigen beserta.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Bintara Pembinaan Potensi Kedirgantaraan (Babinpotdirga) Lanud.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Peserta rapat paripurna Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke-64 pada 9.

nasional, Kamis, 5 Agustus 2021
Rumah sakit rujukan di berbagai daerah terus bekerja keras menangani.

Otomotif