15 Zulqaidah 1441 H / Senin, 6 Juli 2020
Tak Dapat Bantuan Covid-19, Warga Pasir Pangaraian Gelar Aksi
rohul | Selasa, 30 Juni 2020
Editor : wisly | Penulis : hendra
Camat Rambah Arie Gunadi, sikapi aspirasi puluhan warga Kelurahan Pasir Pangaraian.

PASIR PANGARAIAN - Puluhan warga Kelurahan Pasir Pangaraian, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (30/6/2020), gelar aksi damai di depan kantor Kelurahan Pasir Pangaraian mempertanyakan terkait bantuan terdampak Covid-19 juga tidak transparan data dari pemerintah setempat.

Aksi puluhan warga terdiri kaum bu-ibu dan lelaki, membawa berbagai poster dari kardus bekas yang berisi berbagai tulisan intinya mereka mempertanyakan ke pemerintah mengapa mereka tidak dapat bantuan itu. Aksi warga dimulai dari Taman Kota Pasir Pagaraian, ke Kantor Lurah Pasir Pagaraian, yang dilanjutkan aksi di depan Kantor Bupati Rohul.

Didampingi aktivis  Lisman.G dan Razali Nasution, mereka menyuarakan berbagai aspirasi dan kekesalan warga terkait pendataan penerima bantuan terdampak wabah corona, sehingga, warga tidak dapat bantuan sementara mereka juga berhak mendapatkannya.

"Kami sudah mentaati aturan pemerintah, namun Pemerintah membagi-bagikan bantuan, kami tidak diberikan. Kami meminta data penerima untuk tranparansi penerima sesuai undang-undang nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik, juga tidak diberi," kata Lisman dalam orasinya.

Aksi damai masyarakat, mendapatkan pengawalan ketat dari personil Kepolisian, baik Polres Rohul, Polsek Rambah dan jajaran Polres lainnya termasuk dari TNI, Satpol PP dan Damkar, dan warga yang menggelar aksi diimbau mengenakan masker serta ikuti protokoler kesehatan 

Saat aksi, hadir Sekretaris Dinas Sosial P3A Rohul, Camat Rambah Arie Gunadi, Kasat Intelkam Polres Rohul, Kasat Sabara, Kasat Binmas, Danramil O2 Rambah, Lurah Pasir Pangaraian.

Camat Rambah Arie Gunadi sambut baik dan berterimakasih atas asipirasi yang disampaikan warga dalam aksi damai tersebut.

"Kami mewakili Pemerintah, berterimakasih atas aspirasi disampaikan masyarakat terkait bantuan terdampak Covid-19. Kami dari Pemerintah tetap dan selalu memperhatikan warganya, namun bantuan terdampak Covid-19 terbatas, tidak semua mendapatkannya, karena penyaluran bantuan sesuai peraturan yang ada," kata Arie Gunadi.

Usai aksi di depan kantor Lurah, puluhan massa melanjutkan di depan Kantor Bupati Rohul. Warga juga menyampaikan aspirasinya disambut Kadinsos P3A Rohul Sri Mulyani, yang memaparkan terkait bantuan Covid-19 tersebut dari Pemerintah. 

"Penyaluran bantuan Covid-19 dilaksanakan sesuai aturan yang ada, Dinsos P3A Rohul hanya sebagai pengatur teknis sistim penyaluran ke warga saja. Namun apa yang disampaikan warga, ini sebagai masukan dan evaluasi ke kami, dan bila bapak ibu merasa penerima, diharap datanya diberikan kepada RT, RW, Lurah Kades nya masing-masing untuk bisa di evaluasi lagi penerima bantuan, ucapnya.

Dalam aksi damai, berakhir dalam situasi aman dan terkendali dan kondusif, massa aksi membubarkan diri.*




Artikel Terbaru
etalase, Jumat, 3 Juli 2020
Bermitra dengan Asian Agri, para petani sawit yang tergabung dalam.

hukum, Kamis, 2 Juli 2020
Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut empat terdakwa kasus penyelundupan.

pekanbaru, Kamis, 2 Juli 2020
Hingga pekan ke-26 tahun 2020, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota.

pekanbaru, Kamis, 2 Juli 2020
Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau, umumkan bahwasanya Riau ada.

bengkalis, Kamis, 2 Juli 2020
Masyarakat Inhu sudah bisa mencetak sendiri Kartu Keluarga (KK),.

kampar, Kamis, 2 Juli 2020
Bupati Kampar, H Catur Sugeng Susanto berharap program konvensi.

pekanbaru, Kamis, 2 Juli 2020
Mengingat pandemi Covid-19 belum usai, khususnya di Riau, Pemerintah.

politik, Kamis, 2 Juli 2020
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menggelar rapat pleno.

etalase, Kamis, 2 Juli 2020
SKK Migas dan Chevron luncurkan progran WFD.

etalase, Kamis, 2 Juli 2020
PT Sumatera Riang Lestari (SRL) Blok VI yang beroperasi di Kabupaten.

Otomotif