14 Zulhijjah 1441 H / Selasa, 4 Agustus 2020
Kembangkan Sayap, Makacha Bakery Bidik Pasar Internasional
potensa | Minggu, 26 Juli 2020
Editor : wisly | Penulis : sri lestari
Potong tumpeng

PEKANBARU - Berhasil mengembangkan sayap yang semula hanya membuka usaha dari rumah, Makacha Bakery kini telah memiliki outlet di Jalan Inpres Pekanbaru. Keberhasilan ini juga menjadi titik membangun obsesi membidik pasar internasional diawali dengan negara tetangga, Malaysia.

Demikian dikatakan owner Makacha, Mira Dharma, saat Launching outlet Makacha di Jalan Inpres Pekanbaru, Sabtu (25/7/2020).

Mira Dharma menceritakan, awal berdirinya Makacah hanya berupa home industri yang memasarkan produknya dari mulut ke mulut hingga akhirnya Makacha semakin berkembang pesat. Sebutnya, Makacha semakin berkembang dengan adanya pre order (PO) yang mengharuskan Makacha memproduksi dalam jumlah besar.

"Jadi sebelum mempunyai outlet seperti sekarang ini, kita merupakan distributor untuk makanan-makanan best seller kita seperti bolu kemojo, roti kasur, donat paha ayam yang kita masukkan ke pusat oleh-oleh di Pekanbaru," terangnya.

Kemudian lanjutnya, barulah di tahun 2018 Makacha mulai membuka mini workshop di Wonosari.

Empat tahun malang melintang di bisnis kuliner Makacha telah banyak menorehkan prestasi. "Tahun 2018 kita mememangkan Achievement Young Enterpreneur, sebagai juara terbaik. Kegiatan ini diadakan  Komunitas Tangan di Atas (TDA) dan Rotte Institude," jelas Mira Dharma.

Lanjut Mira, kemudian Tahun 2019, Makacha terpilih mengikuti Ekspo di Selangor Malaysia. Dimana saat itu Makacha masuk di antara 22 UKM perwakilan Indonesia yang dibawa Kementerian UMKM. Untuk Sumatera yang terpilih ada 3 provinsi yaitu Sumbar, Aceh dan Riau yang diwakili Makacha. Dari sinilah menurutnya ia mulai melihat peluang untuk ekspor.

"Karena saat expo kita melihat banyak yang tertarik dengan produk kita, terutama dengan bolu kemojo, mulailah kita berpikir untuk mengembangkan penjualan ke luar negeri. Seperti roti-roti dan bolu kemojo untuk diekspor terutama ke Malaysia dan Thailand," sebutnya.

Untuk produknya sendiri menurut Mira, sudah banyak yang dikembangkan, seperti roti-rotian, kopi, kemojo, keripik. Kemudian berbagai cake antara lain, red velved, bolu gulung. Selain itu tersedia juga produk frozen seperti cake dan donat mini.

"Tapi untuk produk best seller kita adalah donat paha ayam, roti kasur dan kemojo mini," sebut Mira sambil menambahkan bahwa produk Makacha sendiri semuanya sudah tersertifasi halal dari MUI.*




Artikel Terbaru
etalase, Senin, 3 Agustus 2020
Permasa Jatim Provinsi Riau bersilahturahmi dengan FPK Riau. Pada.

pekanbaru, Senin, 3 Agustus 2020
Penerapan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan di Pekanbaru masih.

politik, Senin, 3 Agustus 2020
Proses pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih.

dumai, Senin, 3 Agustus 2020
Indonesia sambut peringatan Hari Mangrove se dunia dengan menjaga.

nasional, Senin, 3 Agustus 2020
Kementerian PAN-RB mengumumkan pencairan gaji ke-13 2020 diharapkan.

hukum, Senin, 3 Agustus 2020
Mahkamah Agung (MA) menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma).

rohul, Senin, 3 Agustus 2020
Walapun di suasana pandemi Covid-19, kunjungan masyarakat ke obyek.

rohil, Senin, 3 Agustus 2020
Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno mengisi kegiatan di hari libur.

pekanbaru, Senin, 3 Agustus 2020
Rekor baru, untuk kali pertamanya selama pandemi Covid-19 atau virus.

inhu, Senin, 3 Agustus 2020
Polres Inhu berhasil mengungkap kasus pembunuhan gajah di Kelurahan.

Otomotif