14 Zulhijjah 1441 H / Selasa, 4 Agustus 2020
BRI Pekanbaru Kucurkan Beasiswa Rp 360 Juta ke Mahasiswa FT UIR
etalase | Rabu, 29 Juli 2020
Editor : wisly | Penulis : rls/sri
Serahterima berita acara MoU

PEKANBARU - Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI Kanwil Pekanbaru memberikan bantuan beasiswa mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Islam Riau (UIR) yang berprestasi di bidang akademik. Total beasiswa Rp360 juta.

Bantuan diberikan untuk 30 mahasiswa selama empat semester dan masing-masing memperoleh Rp 3 juta.

Dekan FT, Dr Eng Muslim mengapresiasi kedatangan YBM. Ia juga menyampaikan terima kasih telah membantu beasiswa kepada para mahasiswanya. Harapan Muslim, beasiswa tersebut disalurkan tepat sasaran.

''Di masa coronavirus kita semua dihadapkan pada ekonomi yang terus merosot. Termasuk orangtua mahasiswa. Banyak yang tidak mampu membayar uang kuliah,'' kata Muslim, Selasa (28/7/2020).

Karenanya beasiswa dari YBM sangat besar artinya bagi Universitas Islam Riau. Khususnya mahasiswa Fakultas Teknik.

Ditambahkan, di tengah Pandemi Covid-19, Rektorat juga telah mengambil kebijakan memberikan keringanan kepada mahasiswa dalam pembayaran uang SPP. Ini, ujar Muslim, mengindikasikan bahwa UIR sangat peduli dengan kondisi orangtua mahasiswa.

Di luar itu UIR juga rutin memberi bantuan beasiswa baik melalui dana yang dikumpul oleh UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) maupun yang bersumber dari dana-dana lainnya.

''Mudah-mudahan beasiswa YBM BRI Kanwil Pekanbaru dapat meringankan beban orangtua dan bisa diberikan secara berkesinambungan oleh YBM. UIR berdoa semoga BRI terus berkembang dan beasiswa yang diberikan barokah untuk pengembangan usaha BRI,'' imbuh Muslim.

Manejer Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI Kanwil Pekanbaru H Sutrisno Badroen Lc MA mengaku senang dapat membantu beasiswa kepada mahasiswa Fakultas Teknik UIR. Ia menjelaskan, YBM merupakan lembaga zakat nasional yang sudah mendapat pengesahan dari Kementerian Agama RI.

Lembaga yang berdiri pada 10 Agustus 2001 ini memperoleh sumber dana zakat dari para pegawai BRI, dan setiap tahun dana zakat tersebut disalurkan ke berbagai perguruan tinggi. Terutama universitas negeri.

''Kami masih membuka pintu kepada 30 orang lagi mahasiswa Fakultas Teknik diberi beasiswa selama dua tahun. Masing-masing dibantu Rp 500.000. Syaratnya selain berasal dari keluarga dhu'afa mahasiswa bersangkutan memiliki IPK di atas 3. Silahkan Pak Muslim diajukan ke YBM untuk kami proses dan kami ajukan ke YBM Pusat,'' kata Sutrisno Badroen kepada Dekan Fakultas Teknik.

Sebelum menyerahkan bantuan beasiswa, Dekan Fakultas Teknik Muslim dan Manajer YBM BRI Kanwil Pekanbaru Sutrisno Badroen, menanda-tangani Memory of Understanding di bidang tri dharma perguruan tinggi. Penanda-tanganan itu disaksikan Wakil Dekan I Dr Mursyidah, Wakil Dekan II Dr Anas Puri, Wakil Dekan III Ir Akmar Efendi dan Ketua-ketua Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik. Serta sejumlah pengurus YBM BRI.*




Artikel Terbaru
etalase, Senin, 3 Agustus 2020
Permasa Jatim Provinsi Riau bersilahturahmi dengan FPK Riau. Pada.

pekanbaru, Senin, 3 Agustus 2020
Penerapan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan di Pekanbaru masih.

politik, Senin, 3 Agustus 2020
Proses pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih.

dumai, Senin, 3 Agustus 2020
Indonesia sambut peringatan Hari Mangrove se dunia dengan menjaga.

nasional, Senin, 3 Agustus 2020
Kementerian PAN-RB mengumumkan pencairan gaji ke-13 2020 diharapkan.

hukum, Senin, 3 Agustus 2020
Mahkamah Agung (MA) menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma).

rohul, Senin, 3 Agustus 2020
Walapun di suasana pandemi Covid-19, kunjungan masyarakat ke obyek.

rohil, Senin, 3 Agustus 2020
Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno mengisi kegiatan di hari libur.

pekanbaru, Senin, 3 Agustus 2020
Rekor baru, untuk kali pertamanya selama pandemi Covid-19 atau virus.

inhu, Senin, 3 Agustus 2020
Polres Inhu berhasil mengungkap kasus pembunuhan gajah di Kelurahan.

Otomotif