14 Zulhijjah 1441 H / Selasa, 4 Agustus 2020
Gubri Imbau Salat Idul Adha di Masjid
pekanbaru | Kamis, 30 Juli 2020
Editor : wisly | Penulis : Rivo
Gubri, Syamsuar

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengimbau semua pihak untuk melaksanakan salat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijiriah di masjid. Hal ini mengingat situasi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, dan angka kasus terkonfirmasi di Riau pun cukup tinggi,

"Sehubungan dengan pelaksanaan Salat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijiriah yang akan dilaksanakan seluruh umat muslim besok, 31 Juli 2020. Saya telah menyampaikan kepada semua pihak, mulai dari Kakanwil Agama, Bupati/Walikota dan Majelis Ulama Riau, untuk melaksanakan salat Idul Adha pada tahun ini, cukup di masjid saja," ungkap Gubernur Riau Syamsuar saat konferensi pers, Kamis (30/7/2020) di Gedung Daerah.

Ini mengingat, sambungnya, angka kasus terkonfirmasi Covid-19 Riau yang masih tinggi. Bahkan sekarang, 12 kabupaten/kota di Riau sudah ada pasien Covid-19 nya.

"Oleh sebab itu, kenapa salat Idul Adha tahun ini (2020) cukup dilaksanakan di masjid saja, supaya lebih dapat dan mudah mengontrol masyarakat, dan dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik," sebutnya.

Nantinya, ucap Gubri lagi, pelaksanaan salat Hari Raya Idul Adha di masjid, juga akan dibatasi jumlahnya. Supaya dapat di atur jaraknya (social distancing).

"Dan setiap orang yang melaksanakan salat wajib menggunakan masker, sebelum masuk juga dilakukan cek suhu badan serta disediakan tempat cuci tangannya," ujarnya.

"Ini semua kita lakukan guna kepentingan bersama, dan sekaligus dapat menimalisir serta memutus mata rantai penularan atau penyebaran Covid-19 di Bumi Lancang Kuning," ucapnya berharap.

Menurut Gubri, yang paling ditakuti dan dikhawatirkan saat ini adalah Orang Tanpa Gejala (OTG). Karena orang tersebut tidak memiliki gejala/tanda apa - apa yang menunjukkan kalau dia terkonfirmasi Covid-19.

"Oleh sebab itu, marilah kita bersama - sama waspada dan selalu terapkan protokol kesehatan, paling tidak pakailah masker, karena menurut ahli medis, dengan menggunakan masker, kemungkinan 70 persennya kita dapat terhindar dari penularan Covid-19," pungkasnya.*




Artikel Terbaru
etalase, Senin, 3 Agustus 2020
Permasa Jatim Provinsi Riau bersilahturahmi dengan FPK Riau. Pada.

pekanbaru, Senin, 3 Agustus 2020
Penerapan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan di Pekanbaru masih.

politik, Senin, 3 Agustus 2020
Proses pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih.

dumai, Senin, 3 Agustus 2020
Indonesia sambut peringatan Hari Mangrove se dunia dengan menjaga.

nasional, Senin, 3 Agustus 2020
Kementerian PAN-RB mengumumkan pencairan gaji ke-13 2020 diharapkan.

hukum, Senin, 3 Agustus 2020
Mahkamah Agung (MA) menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma).

rohul, Senin, 3 Agustus 2020
Walapun di suasana pandemi Covid-19, kunjungan masyarakat ke obyek.

rohil, Senin, 3 Agustus 2020
Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno mengisi kegiatan di hari libur.

pekanbaru, Senin, 3 Agustus 2020
Rekor baru, untuk kali pertamanya selama pandemi Covid-19 atau virus.

inhu, Senin, 3 Agustus 2020
Polres Inhu berhasil mengungkap kasus pembunuhan gajah di Kelurahan.

Otomotif