8 Safar 1442 H / Sabtu, 26 September 2020
KONI di Riau Akan Gelar Porkot Serentak
sportainment | Rabu, 16 September 2020
Editor : wisly | Penulis : Novi Kawandi
Ketua KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil ST menyerahkan cinderamata majalah terbitan KONI Pekanbaru. (Nov)

PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten/Kota di Riau berencana akan serentak melakukan pekan olahraga kota (Porkot) dan pekan olahraga kabupaten (porkab) se-Riau. Rencana ini didorong oleh KONI Kota Pekanbaru guna menyeleksi bibit atlet berprestasi secara berjenjang.

"Ajang ini akan dilakasanakan serentak pada 2021 di masing-masing kabupaten/kota se Provinsi Riau," kata Ketua KONI Pekanbaru Anis Murzil ST, Selasa (15/9).

Selain itu, ajang olahraga tingkat Kabupaten/Kota ini sebagai seleksi atlet masing-masing daerah untuk persiapan atlet menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau 2022 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).
Usulan melaksanakan Porkot atau Porkab secara serentak di 2021 disampaikan KONI Pekanbaru saat kunjungan ke KONI Kabupaten Kampar dan Kuansing sebelumnya.

KONI Pekanbaru juga memastikan usulannya juga akan disampaikan kepada seluruh KONI kabupaten/kota se Provinsi Riau dalam agenda kunjungan KONI Pekanbaru hingga bulan depan.

"Kita telah melakukan pertemuan dengan KONI Kampar. Dengan tujuan untuk mendorong dan mendukung pelaksanaan pekan olahraga tingkat kota/kabupaten serentak pada 2021," sebutnya.

Dikatakannya, yang memiliki atlet-atlet berprestasi yakni daerah kabupaten/kota. Sehingga perlu dilakukan upaya yang optimal untuk menjaring atlet-atlet berprestasi salah satunya melalui Porkot atau Porkab.

Ia menilai, ajang itu dapat menjadi wadah daerah untuk menyeleksi atlet Porprov. Dengan begitu, atlet yang bertanding di Porprov nanti benar-benar atlet yang berasal dari daerah, sehingga tercipta Porprov yang berkualitas, spotif dan fair play.
Selain itu, ajang olahraga serentak itu juga dapat meminimalisir terjadinya mutasi atlet di masing-masing daerah. Dari itu juga atlet yang bertanding di Porkot dan Porkab akan terdaftar di daerah masing-masing, sehingga tidak ada lagi perebutan atlet antar daerah.

Di sisi lain tambah Anis, dengan hadirnya Porkot atau Porkab di masing-masing daerah dapat meningkatkan gairah pelaksanaan Porprov 2022 khususnya.

"Antusias dan gairah Porprov itu akan meningkat di tengah masyarakat," sebutnya.

Ketua KONI Kampar, Abdul Ghafar sangat mendukung terkait usulan-usulan yang disampaikan tersebut. 

"Dengan silaturahmi seperti ini akan muncul ide-ide yang bagus untuk kemajuan olahraga," kata Abdul saat menyambut langsung kedatangan rombongan KONI Pekanbaru.

Terkait usulan pelaksanaan Porkot dan Porkab serentak 2021 mendatang, pihaknya sangat mendukung. Menurutnya, itu ide yang bagus tinggal bagaimana komitmen dan persiapan dari kabupaten/kota masing-masing. Karena ini mendukung pembinaan olahraga di daerah dan provinsi.

"Untuk di Kabupaten Kampar kita belum bisa memastikan persiapan apakah bisa dilakasanakan," sebutnya.*




Artikel Terbaru
kampar, Jumat, 25 September 2020
Menteri PUPR Republik Indonesia, Basuki Hadi Mulyono meninjau.

politik, Jumat, 25 September 2020
Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka.

pekanbaru, Jumat, 25 September 2020
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berharap setelah Jalan Tol Pekanbaru -.

etalase, Jumat, 25 September 2020
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus menyalurkan kartu paket data.

sportainment, Jumat, 25 September 2020
Bayern Munich susah payah menaklukkan Sevilla 2-1 di Piala Super.

etalase, Jumat, 25 September 2020
Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, PT Bank Syariah Mandiri.

pekanbaru, Kamis, 24 September 2020
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas.

hukum, Kamis, 24 September 2020
Wakil Bupati (Wabup)  Bengkalis nonaktif, Muhammad, diserahkan ke.

dunia, Kamis, 24 September 2020
Pengadilan di Münster, Jerman pada hari Rabu (23/09) memutuskan.

pekanbaru, Kamis, 24 September 2020
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru.

Otomotif