8 Rabiul Akhir 1442 H / Selasa, 24 November 2020
Warga Dengan Suhu di Atas 37 Derajat di Larang Masuk Riau
pekanbaru | Kamis, 29 Oktober 2020
Editor : wisly | Penulis : rivo
Gubernur Riau, Syamsuar

PEKANBARU - Dalam rangka melakukan antisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Riau pada saat libur panjang,  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama pemerintah kabupaten telah kembali mendirikan posko check point di perbatasan Riau dengan provinsi tetangga. Hal ini guna melakukan pengecekan suhu badan bagi setiap orang yang lewat, serta juga mencatat riwayat perjalanannya.

"Sekarang ada empat pos pemeriksaan yang ada diperbatasan Riau dengan provinsi tetangga, yakni perbatasan Riau - Sumbar ada dua titik, masing-masing di Kuantan Mudik dan di Koto Kampar, kemudian perbatasan Riau - Sumut di Bagan Sinembah, sedangkan diperbatasan Riau Jambi di Kecamatan Kemuning," ungkap Gubri Syamsuar, Kamis (29/10/20)

Rencana awal, sebutnya, petugas yang berjaga di pos pemeriksaan  memang diinstruksikan untuk meminta surat hasil rapid test non reaktif kepada pengendara yang keluar maupun masuk ke Riau.

"Tetapi, karena adanya surat edaran dari Menteri Kesehatan dan Dirjen Perhubungan bahwa angkutan melalui darat tidak perlu lagi ada rapid test, karena itulah kita tidak mewajibkan rapid test," ungkapnya.

Walaupun tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat rapid test, Gubri mengingatkan kepada setiap orang yang akan keluar dan masuk ke Riau akan tetap dilakukan pengecekan kondisi kesehatan atau suhu tubuhnya, serta juga wajib mematuhi protokol kesehatan, salah satunya adalah wajib menggunakan masker.

"Jadi petugas di pos ini nanti akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada setiap orang yang akan masuk ke Riau, terutama suhu tubuhnya," terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menambahkan, seluruh orang yang masuk ke Riau melalui jalur darat yang melewati empat pintu masuk tersebut akan diperiksa suhu tubuhnya. Jika ada yang suhu badannya diatas 37 derajat, maka warga tersebut tidak boleh melanjutkan perjalanan dan harus dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

"Yang di atas 37 derajat suhu badannya tidak boleh melanjutkan perjalanan, dan harus dilakukan pemeriksaan lanjut. Di masing-masing pos telah ada petugas kesehatan di standby kan, kalau memang perlu dirujuk nanti bisa dirujuk ke rumah sakit atau Puskemas terdekat," ungkapnya.*
 




Artikel Terbaru
meranti, Selasa, 24 November 2020
Bhabinkamtibmas Kelurahan Selatpanjang Barat Polsek Tebing Tinggi,.

meranti, Selasa, 24 November 2020
Tingginya biaya upah angkut di Pelabuhan Tanjung Buton Kabupaten Siak.

nasional, Senin, 23 November 2020
Realisasi penerimaan pajak hingga 31 Oktober 2020 baru mencapai 69%.

dumai, Senin, 23 November 2020
Update perkembangan Covid-19 Kota Dumai hingga Minggu (22/11/2020).

politik, Senin, 23 November 2020
Pandemi Covid-19 memaksa sejumlah kegiatan dilakukan dengan metode.

pekanbaru, Senin, 23 November 2020
Meningkat lagi, kali ini Provinsi Riau kembali ada tambahan 113 kasus.

siak, Senin, 23 November 2020
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak, H Arfan Usman menyerahkan.

dunia, Senin, 23 November 2020
Utusan khusus Organisasi Kesehatan Dunia untuk Covid-19 mengkritik.

kampar, Senin, 23 November 2020
Bupati Kampar, H Catur Sugeng Susanto SH menghadiri acara Jonguok.

inhu, Senin, 23 November 2020
Jumlah pasien suspek Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang.

Otomotif