8 Rabiul Akhir 1442 H / Selasa, 24 November 2020
Tokoh Lintas Agama dari 19 Negara Berdoa Covid-19 Segera Berakhir
dunia | Jumat, 30 Oktober 2020
Editor : Red | Penulis : Rls

Pekanbaru  - Sekitar 600 orang dari lintas agama, di 19 negara di lima benua menghadiri konferensi yang digelar secara virtual dan mendoakan berakhir wabah Covid-19 yang oleh banyak pihak mengalami peningkatan di seluruh dunia.

Pertemuan online untuk Konferensi Doa Bersama Antaragama Dunia yang digelar 26 Oktober lalu ini, diselenggarakan oleh Heavenly Culture, World Peace, Restoration of Light (HWPL) dengan dukungan dari para pemuka lintas agama, seperti Buddha, Hindu, Yudaisme, Sikhisme, Konfusianisme, Kristenisme, dan Islam . 

Organisasi ini menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan berbagai kelompok agama untuk menyampaikan pesan kepada orang-orang dan komunitas keagamaan dunia yang menderita di bawah COVID 19 dan menciptakan platform untuk mengatasi krisis yang melampaui agama dan benua.

"Hari ini seluruh dunia menghadapi Bencana Pandemi COVID 19, dan ribuan terus mati. Kemanusiaan harus beralih ke doa dan mencari belas kasihan Sang Pencipta untuk membawa kedamaian dan keharmonisan dalam kehidupan kita. HWPL harus diberi selamat untuk berinisiatif menyatukan semua iman untuk berdoa bersama. Saya percaya bahwa para pemimpin agama dari seluruh dunia mengambil bagian dalam konferensi semacam itu memiliki peran penting untuk dimainkan. Bersama-sama, kita dapat menyinari terang harapan dan menyatukan umat manusia dalam doa untuk tetap damai," ucap Iftikhar Ahmad Ayaz, Ketua Komite Hak Asasi Manusia Internasional.
 
Sementara itu, Marcel Andres Tanguilan, Pendeta Administratif Knox United Methodist Church, mengajak semua pihak untuk bekerja sama mencegah penyebaran wabah tersebut. "Bagi saya, sudah lima tahun bekerja dengan HWPL. Melalui dialog tulisan suci agama, kita selalu membahas pemahaman yang sebenarnya tentang tulisan suci. Saya tahu bahwa kita mengalami masa-masa sulit karena pandemi ini. Akan sulit sendirian, tetapi akan mungkin bagi kami untuk menang bersama, dan kami dapat mengatasinya saat kami berkumpul dengan satu hati di HWPL, terlepas dari perbedaan kami." 

Hal yang sama juga disampaikan, Dawud Noibi, mantan Sekretaris Eksekutif Ummat Muslim nigeria barat daya. Dia mengajak para pemimpin agama di dunia untuk bersama-sama mendoakan agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

"Sesama pemimpin agama di seluruh dunia, mari kita lakukan semua yang kita bisa untuk memberikan kenyamanan kepada pasien di negara kita masing-masing yang menderita COVID 19. Mari kita bantu dalam menyebarkan pekerjaan HWPL yang patut dipuji ini dengan memulai doa bersama secara teratur di negara kita masing-masing untuk intervensi ilahi menjelang akhir pandemi COVID 19 dan pemulihan yang cepat bagi mereka yang masih menderita akibatnya."

Dalam sesi doa tersebut, seluruh peserta secara serentak berdoa bersama untuk kesembuhan dunia melalui refleksi spiritual dan ujung-ujungnya COVID 19 dalam setiap bahasa dan tradisi masing-masing agama. Di akhir konferensi, lagu perdamaian dengan keinginan setiap peserta beresonansi secara harmonis melalui zoom.

Ashin Htavara, Sekretaris Umum Komite Perwakilan Biksu Seluruh Myanmar mengapresiasi konferensi yang digelar HWPL. "HWPL menyelenggarakan konferensi doa ini dengan berbagai tokoh agama dari seluruh dunia. Ini adalah konferensi doa yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi orang-orang dari berbagai agama untuk berdoa bersama dengan satu hati. Allah akan mendengar doa-doa kita."

Sementara itu, HWPL yang telah menyelenggarakan 20 kali pertemuan antarumat secara online dengan peserta di 70 negara,  selama bulan Oktober juga berharap krisis virus corona secpatnya berakhir. (*/Rls)




Artikel Terbaru
meranti, Selasa, 24 November 2020
Bhabinkamtibmas Kelurahan Selatpanjang Barat Polsek Tebing Tinggi,.

meranti, Selasa, 24 November 2020
Tingginya biaya upah angkut di Pelabuhan Tanjung Buton Kabupaten Siak.

nasional, Senin, 23 November 2020
Realisasi penerimaan pajak hingga 31 Oktober 2020 baru mencapai 69%.

dumai, Senin, 23 November 2020
Update perkembangan Covid-19 Kota Dumai hingga Minggu (22/11/2020).

politik, Senin, 23 November 2020
Pandemi Covid-19 memaksa sejumlah kegiatan dilakukan dengan metode.

pekanbaru, Senin, 23 November 2020
Meningkat lagi, kali ini Provinsi Riau kembali ada tambahan 113 kasus.

siak, Senin, 23 November 2020
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak, H Arfan Usman menyerahkan.

dunia, Senin, 23 November 2020
Utusan khusus Organisasi Kesehatan Dunia untuk Covid-19 mengkritik.

kampar, Senin, 23 November 2020
Bupati Kampar, H Catur Sugeng Susanto SH menghadiri acara Jonguok.

inhu, Senin, 23 November 2020
Jumlah pasien suspek Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang.

Otomotif