4 Jumadil Akhir 1442 H / Senin, 18 Januari 2021
Kunjungi Siak, FPK Berbagi Informasi tentang Pembauran Kebangsaan
nasional | Kamis, 19 November 2020
Editor : Saparudin | Penulis : sp
Silahturahmi FPK Riau dan Pemkab Siak berlangsung di Ruang Rapat Pucuk Rebung, Kamis (19/11/2020)

SIAK SRI INDRPURA-Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)  Provinsi Riau melaksanakan silahturahmi dengan FPK Siak dan jajaran Pemkab Siak. Pertemuan dilaksanakan di Ruang Rapat Pucuk Rebung,  Kantor Bupati Siak,  Siak Sri Indrapura,  Kamis (18/11/2020).

FPK Provinsi Riau yang datang ke Negeri Istana dalam rangka kunjungan kerja ke Kabupaten/Kota se Riau,  dipimpin Wakil Ketua FPK Riau,  H. EM Surachmat. SE,  MH. Ikut dalam rombongan Pengurus lainnya yakni Sri Petri Haryanti,  S. Pd,  Azwir Alumuddin,  Saparudin Koto dan M Suganda. 

Sementara dari Pemkab Siak hadir Asisten tiga  Pemkab Siak yang juga Ketua Ikatan Keluarga Kampar (IKK)  Siak,  Jamaludin, sejumlah pejabat Kesbangpol  Siak,  Sekretaris FPK Siak yang juga Camat Bunga Raya,  Amin Soimin,  SH,  M.Si.

Hadir juga puluhan Ketua Organisasi Paguyuban se Kabupaten Siak.  Di antaran Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) , Mitra Sunda Riau (Misuri),  Ikatan Keluarga Batak Riau (IKBR),  Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR),  Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR),  Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI), Ikatan Keluarga Jakarta (IKJ).Ikatan Keluarga Bali, Ikatan Keluarga Lombok dan lain sebagainya. 

Pada pertemuan yang berlangsung penuh keakraban itu, H. EM Surachmat,  SE,  MH mengungkapkan, kunjungan serentak FPK Riau ke kabupaten/kota se Riau dalam rangka silahturahmi dan terus menggelorakan  semangat pembauran di tengah kbhinrkaan babgsa.  Ketua Umum Misuri ini menekankan pentingnya peran FPK sebagai garda terdepan merawat pembauran. 

Senada dengan itu Sri Petri Haryanti mengakui besarnya peran FPK Dalam Pembauran Kebangsaan.  Sebagai salah seorang Kabid di Kesbangpol Provinsi Riau,  dia  mengaku banyak terbantu dengan keberadaan FPK, terutama dalam meredam potensi konflik antar suku 

Azwir Alimudin yang juga mantan Anggota DPRD Riau menekankan pentingnya merawat pembauran saat Pilkada serentak 2020.Dikatakan Pilkada sesungguhkan pristiwa biasa dan tak boleh dianggap sebagai perustiwa yang luar biasa.  "Intinya selalu jaga persatuan meski berbeda pilihan, "katanya. 

Sementara Saparudin Koto lebih menekankan pada beragam kegiatan yang akan dilakukan FPK Riau. Diantaranya penyelenggaraan Tiga Seminar pada bulan Desmber 2020 dan Lomba Karya Tulis (LKT) Pembauran Kebangsaan. 

"Seluruh warga ber KTP Riau dapat mengikuti LKT.  Panitia masih menerima kiriman tulisan hingga 30 Nivember 2020," katanya. 

Asisten Tiga Pemkab Siak,  Jamaluddin, mengungkapkan, hubungan antar suku di Kabupaten Siak, terjalin secara harmonis. Masyarakat hidup berdampingan dengan penuh kekeluargaan.

"Keharmonisan hubungan antar suku sudah dimulai sejak Zaman Suktan Siak Berkuasa. Ini terbukti di sekitaran Istana Siak terdapat Masjd,  Gereja dan Klenteng. Selain itu zaman dahulu Sultan mengangkat penasehat dari beragam suku bangsa. Di antaranya Menteri Kesehatan dari Suku Batak,  Penasehat Agama dari Suku Minang,  Penasehat Ekonomi dari Tionghoa dan Penasehat Pertanian dari Suku Jawa. 

Sementara Sekretaris FPK Siak,  Amin Soimin nenyampaikan aktivitas, kendala dan tantangan Operasional FPK di Kabupaten Siak. Diakui FPK sudah berjakan cukup baik,  ditandai dengan keberhasilan pembentukan FPK hingga tingkat kecamatan. Namun masih ada sejumlah kendala termasuk masih minimnya pendanaan.

"Sesuai anjuran FPK Provinsi kita juga ajan merevusi SK,  termasuk nenajukan SK Dewan Pembina dan Dewan Penasehat. Semoga FPK Siak lebih baik lagi dimasa mendatang, "katanya.  rls. sp




Artikel Terbaru
dunia, Senin, 18 Januari 2021
Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, telah berencana, pada.

rohil, Senin, 18 Januari 2021
Seorang warga RT 001 / RW 002 Siarang-arang, Kecamatan Pujud, bernama.

politik, Senin, 18 Januari 2021
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan saat ini tengah menunggu.

pekanbaru, Senin, 18 Januari 2021
Pencapaian pajak daerah Pekanbaru 2020 hanya Rp539,2 miliar. Jumlah.

otomotif, Senin, 18 Januari 2021
Toyota Avanza tak lagi menjadi mobil terlaris di Indonesia selama.

kampar, Senin, 18 Januari 2021
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, Jumat (15/01) mendistribusikan.

dunia, Minggu, 17 Januari 2021
Warga Palestina akan mengadakan pemilihan parlemen, presiden dan.

hukum, Senin, 18 Januari 2021
Personel Polsek Kunto Darussalam, Rokan Hulu (Rohul), Riau, gerebek.

huawen, Senin, 18 Januari 2021
Panitia Bersama Baksos Imlek 2572 Tahun 2021, Sabtu (16/1/2021).

pekanbaru, Senin, 18 Januari 2021
Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Otomotif

Senin , 21 Desember 2020