7 Jumadil Akhir 1442 H / Kamis, 21 Januari 2021
Bupati Pelalawan Serahkan Kartu Tani di Bunut
pelalawan | Rabu, 25 November 2020
Editor : wisly | Penulis : andy
Bupati Pelalawan, H M Harris saat menyerahkan secara simbolis kartu tani.(ndy)

PELALAWAN - Bupati Pelalawan, H M Harris menyerahkan secara simbolis kartu tani untuk kelompok tani di Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan. Kegiatan bertempat  di Pasar Baru, Desa Balam Merah, Kecamatan Bunut, Selasa, (24/11).

Turut hadir Plt Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani S Hut, Camat Bunut, Srinursari SE, Kapolsek Bunut, Danramil Bunut, Kepala Desa se Kecamatan Bunut, serta para penerima kartu tani.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani S Hut menyampaikan, kartu tani merupakan program dari pemerintah pusat  melalui Kementerian Pertanian RI dengan tujuan untuk memudahkan petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi. Sudah sejak lama Kementerian Pertanian  meluncurkan pupuk bersubsidi untuk petani yang tidak mampu yang lahannya tidak terlalu luas. 

Dengan kartu tani ini, lanjutnya, pendistribusian dari penyalur atau distributor hasil pertanian akan lebih tertib dan sesuai dengan yang berhak menerima. Ada empat kegunaan dari kartu tani, pertama sebagai alat kontrol kuota yang berhak menerima. 

"Jadi yang menerima kartu tani bisa langsung ke distributor atau ke penyalur, nanti di sana ada alat untuk menggesek kartu tani dan langsung keluar kuotanya berapa," tambahnya.

Kemudian kartu tani seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang dilengkapi dengan buku rekening bisa untuk menyimpan hasil penjualan. Ketiga kartu tani akan memberikan fasilitas pinjaman atau kredit bagi petani yang membutuhkan modal untuk bertani. 

"Untuk di Kecamatan Bunut jumlah KK yang sesuai data berjumlah 970 KK, sekarang kartu tani yang tercetak berjumlah 501 KK dan akan diserahkan," katanya. 

Sementara itu, Bupati Pelalawan, HM Harris menyampaikan, kartu tani bisa digunakan untuk pupuk subsidi. Kartu akan  menertibkan bagaimana para petani yang tidak mampu harus bisa mendapatkan pupuk subsidi, sehingga tepat sasaran. Jadi Pemerintah telah berbuat yang terbaik untuk masyarakat.

“Masyarakat khusus petani akan dimudahkan dengan adanya terobosan melalui kartu tani. Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan terus menciptakan dan berupaya di dalam  memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Pelalawan. Masyarakat akan mendapatkan pupuk subsidi dengan tertib, ini akan mempermudah para petani di daerah kita dan akan lebih tertib dalam pendistribusian dari penyalur atau distributor hasil pertanian,” ungkapnya. *




Artikel Terbaru
dumai, Kamis, 21 Januari 2021
Berita duka kembali menyelimuti Kota Dumai, satu lagi pasien.

dunia, Kamis, 21 Januari 2021
Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden secepatnya.

pekanbaru, Kamis, 21 Januari 2021
Positif Civid-19 di Riau bertambah 123 kasus baru. Pekanbaru menjadi.

pekanbaru, Kamis, 21 Januari 2021
Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir.

hukum, Kamis, 21 Januari 2021
Seakan tidak membiarkan perjudian jenis apapun marak di Kepulauan.

nasional, Kamis, 21 Januari 2021
Anggota DPR meminta Polri dibawah kepemimpinan Komjen Pol Listyo.

pekanbaru, Kamis, 21 Januari 2021
Pemerintah Kota (Pemko) masih belum bisa memastikan pelaksanaan.

kampar, Kamis, 21 Januari 2021
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar terus berupaya melaksanakan.

etalase, Kamis, 21 Januari 2021
Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V Jatmiko K Santosa.

pelalawan, Kamis, 21 Januari 2021
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tuah Sekata Kabupaten Pelalawan telah.

Otomotif


Senin , 21 Desember 2020