14 Rajab 1442 H / Jumat, 26 Februari 2021
Satgas Covid-19 Pekanbaru Perluas Penyuntikan Vaksin
pekanbaru | Minggu, 24 Januari 2021
Editor : wisly | Penulis : Novi Kawandi
ilustrasi

PEKANBARU - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pekanbaru memperluas penyuntikan vaksin. Untuk mencapainya, Satgas bekerja sama dengan rumah sakit swasta untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Noer, mengatakan Satgas melakukan penilaian ke beberapa rumah sakit terkait kesiapan pihak rumah sakit dalam penyuntikan vaksin jenis sinovac.

Sejumlah rumah sakit di Kota Pekanbaru masih belum siap menggelar vaksinasi Covid-19 tahap awal bagi Nakes. "Kita sudah lihat ke lokasi, ada yang layak. Ada yang berjanji dibenahi, bahkan sampai hari ini ada yang belum layak," kata M Noer, akhir pekan lalu.

M Noer menjelaskan, tim dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru baru mendapati 21 rumah sakit yang siap menggelar vaksinasi. Ada 10 rumah sakit belum siap atau belum layak menggelar vaksinasi.

Tim sudah mendatangi 31 rumah sakit di Kota Pekanbaru. Ada sejumlah kekurangan dari rumah sakit sehingga tidak bisa menggelar vaksinasi. Ada di antara rumah sakit memiliki cold chain yang tidak bisa menyimpan vaksin dengan suhu di bawah 8 derajat celcius.

Permasalahan lainnya cold chain berada di gudang dan tidak bisa diangkat sehingga bercampur dengan vaksin lain. "Tim juga memeriksa kelayakan lokasi dan peralatan di rumah sakit tersebut," sebut M Noer.

M Noer menambahkan, posisi lokasi vaksinasi di rumah sakit juga harus tepat membuat pengaturan proses vaksinasi sesuai alur yang ada. Rumah sakit juga harus dilengkapi cold chain sebagai tempat penyimpanan dosn vaksin. Proses penilaian ini sudah lakukan sejak awal pekan.

Rumah sakit harus menyiapkan tim yang terlatih sebagai vaksinator. Mereka juga harus menjalani pelatihan sebelum melakukan suntik vaksin di layanan kesehatan.

Diskes Pekanbaru akan mendistribusikan langsung vaksin setelah rumah sakit dinilai layak menggelar vaksinasi. Mereka juga harus memastikan tim vaksinator siap bertugas. "Ada lima hingga sepuluh orang vaksinator yang jalani pelatihan di setiap rumah sakit," sebutnya.

Saat ini vaksinasi bagi tenaga kesehatan baru berjalan di 20 Puskesmas yang ada di Kota Pekanbaru, dan Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru.*




Artikel Terbaru
sportainment, Jumat, 26 Februari 2021
Lengkap sudah peserta 16 besar Liga Europa musim ini. Uniknya, tak.

pekanbaru, Jumat, 26 Februari 2021
Pada Kamis (25/2) siang ini, Rumah Yatim Cabang Riau memberikan.

nasional, Jumat, 26 Februari 2021
Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Kementerian Lingkungan.

kuansing, Jumat, 26 Februari 2021
Kursi Ketua DPRD Kabupaten Kuantan Singingi dari Partai Golkar yang.

hukum, Jumat, 26 Februari 2021
Seorang pemuda berinisial FI (24) di Kecamatan Kunto Darussalam,.

huawen, Jumat, 26 Februari 2021
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau melaksanakan.

politik, Jumat, 26 Februari 2021
Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprov Riau, Masrul Kasmy mengatakan,.

potensa, Jumat, 26 Februari 2021
Telkomsel sebagai Digital Telco Company berkomitmen untuk terus.

hukum, Jumat, 26 Februari 2021
Seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) betugas disalah satu.

nasional, Jumat, 26 Februari 2021
Presiden Jokowi mengatakan, vaksinasi COVID-19 bagi kelompok media.

Otomotif