18 Rajab 1442 H / Selasa, 2 Maret 2021
Pandemi Covid-19, Perayaan Imlek di Bengkalis Berlangsung Sederhana
huawen | Jumat, 12 Februari 2021
Editor : wisly | Penulis : zulkarnean
Suasana Vihara Hok Ann Kiong Jalan Yos Sudarso Bengkalis.

BENGKALIS – Perayaan Tahun Baru Imlek 2572 yang jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021 di Bengkalis berlangsung sederhana. Semua acara yang sifatnya menimbulkan kerumunan ditiadakan. Bahkan untuk sembahyang di vihara, panitia Imlek menghimbau agar dilakukan secara bergantian.

Pantauan wartawan di Vihara Hok Ann Kiong Jalan Yos Sudarso Bengkalis, suasananya memang agak lebih ramai dibanding hari-hari biasa. Namun, tidak seramai ketika perayaan Imlek sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Kondisi seperti ini berlangsung hingga Jumat siang.

Dari awal panitia Imlek memang sudah menghimbau agar warga tidak beramai-ramai sembahyang di Vihara. Bagi yang ingin bersembahyang, diminta untuk bergantian dan menerapkan protokol kesehatan. Panitia pun menyediakan tempat untuk cuci tangan bagi warga yang tidak menggunakan hand sanitizer.

Tidak hanya sepi dari warga, aktivitas di halaman Vihara berupa bazar makanan juga ditiadakan. Biasanya, di halaman Vihara berdiri bazar dengan berbagai aneka makanan dan minuman yang disediakan gratis bagi para pengunjung. Masyarakat, terutama para perantau yang rindu dengan masakan khas Bengkalis bisa menikmati tanpa harus membayar.

Humas Yayasan Hok Ann Kiong, Herman Kasuma kepada wartawan saat dihubungi mengatakan kalau Panitia Imlek sudah berkoordinasi dengan  Satgas Covid-19 terkait dengan perayaan menyambut Tahun Baru Imlek. Keputusannya, seluruh aktivitas yang menimbulkan kerumunan ditiadakan, kecuali ritual sembahyang.
“Ritual sembahyang ini pun sesuai dengan himbauan kita kepada warga, hendaknya dilakukan secara bergantian, jangan sampai menimbulkan kerumunan,” katanya.

Dengan keputusan tersebut, pria yang biasa disapa Akun ini mengatakan kegiatan bazar makanan, hiburan artis hingga semah keliling kota untuk perayaan Imlek tahun 2021 ditiadakan. “Terasa  lain memang, karena biasanya arak-arakan keliling kota ini sangat ditunggu-tunggu,” ujarnya.

Meski dalam  suasana Covid-19, Herman, mengatakan perayaan menyambut Tahun Baru Imlek tetap berlangsung hikmat dan meriah. Semua itu tak mengurangi rasa syukur atas limpahan kedamaian dan cinta kasih dalam keluarga  dan masyarakat.*

 




Artikel Terbaru
pelalawan, Selasa, 2 Maret 2021
Personil Polres Pelalawan dan Polsek jajaran yang dipimpin langsung.

nasional, Selasa, 2 Maret 2021
Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

nasional, Selasa, 2 Maret 2021
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mencatat ada.

potensa, Selasa, 2 Maret 2021
Proses alih kelola Blok Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia.

etalase, Selasa, 2 Maret 2021
Program Relaksasi Iuran BPJAMSOSTEK yang bergulir sejak Agustus 2020.

dunia, Selasa, 2 Maret 2021
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pandemi Covid-19 tidak.

dumai, Selasa, 2 Maret 2021
Walikota Dumai, H Paisal SKM MARS meninjau tempat pembangunan embung.

hukum, Selasa, 2 Maret 2021
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara maraton melanjutkan.

pekanbaru, Selasa, 2 Maret 2021
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru melakukan pendataan.

sportainment, Selasa, 2 Maret 2021
Real Madrid harus puas bermain imbang 1-1 melawan Real Sociedad dalam.

Otomotif