18 Rajab 1442 H / Selasa, 2 Maret 2021
BPBD Dumai Bentuk 127 MPA Cegah Karhutla
dumai | Minggu, 21 Februari 2021
Editor : wisly | Penulis : Bambang
ilustrasi

DUMAI - Masuki musim panas, BPBD Dumai lakukan upaya dini cegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), salah satunya membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di 17 Kelurahan Rawan Karhutla.

Kepala BPBD Dumai Afrilagan, mengungkapkan, salah satu upaya cegah karhutla dengan mengoptimalkan peran Masyarakat Peduli Api (MPA)

"Salah satu upaya cegah karhutla adalah mengoptimalkan peran Masyarakat Peduli Api (MPA). Untuk itu kita telah membentuk MPA jumlahnya ada 127 orang tersebar di 17 Kelurahan rawan Karhutla," kata Afrilagan, Sabtu (20/2/2021).

Dijelaskannya, peran MPA sangat penting dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Selain dilengkapi sarana dan pengetahuan teknis, MPA juga sudah dibekali pengetahuan untuk mencegah dan mengantisipasi Karhutla.

Selain itu, MPA diharapkan juga dapat mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun kesadaran agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Kelurahan rawan Karhutla di Dumai, yaitu kelurahaan Purnama, Bagan Keladi, Tanjung Palas, Bukit Batrem, Gurun Panjang, Teluk Makmur, Mundam, Guntung, pelintung, Bangsal Aceh, Lubuk Gaung, Tanjung Penyembal, Basilam Baru, Batu Teritip, Ratu Sima, Bukit Timah, dan Kelurahan Mekar Sari.

Terakhir, Afrilagan mengatakan, Pemko Dumai sudah mengeluarkan Surat Edaran untuk  antisipasi dan pencegahan Karhutla mengacu Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Dan mengacu pada Keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts.212/11/2021 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan
Lahan Provinsi Riau Tahun 2021 serta Keputusan Walikota Dumai Nomor 66 Tahun 2021 tentang Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Dumai Tahun 2021.

Melalui surat edaran tersebut, Pemerintah mengajak semua elemen masyarakat untuk melakukan antisipasi dan pencegahan terjadinya kebakaran salah satunya mengajak masyarakat adar tidak membuka lahan dengan jalan membakar.

Melakukan patroli pemantauan titik api (hotspot) dan segera melakukan groundcheck hotspot. "Jika ditemukan kebakaran hutan dan lahan tim akan segera lakukan pemadaman dini," pungkasnya.*




Artikel Terbaru
pekanbaru, Selasa, 2 Maret 2021
Indonesia kembali menerima kedatangan 10 juta bulk atau bahan baku.

pekanbaru, Selasa, 2 Maret 2021
Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum menerapkan Pemberlakuan.

pelalawan, Selasa, 2 Maret 2021
Personil Polres Pelalawan dan Polsek jajaran yang dipimpin langsung.

nasional, Selasa, 2 Maret 2021
Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

nasional, Selasa, 2 Maret 2021
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mencatat ada.

potensa, Selasa, 2 Maret 2021
Proses alih kelola Blok Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia.

etalase, Selasa, 2 Maret 2021
Program Relaksasi Iuran BPJAMSOSTEK yang bergulir sejak Agustus 2020.

dunia, Selasa, 2 Maret 2021
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pandemi Covid-19 tidak.

dumai, Selasa, 2 Maret 2021
Walikota Dumai, H Paisal SKM MARS meninjau tempat pembangunan embung.

hukum, Selasa, 2 Maret 2021
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara maraton melanjutkan.

Otomotif