8 Ramadhan 1442 H / Selasa, 20 April 2021
Tingkat Kunjungan Perayaan Cheng Beng di Rohil Meningkat
huawen | Minggu, 28 Maret 2021
Editor : wisly | Penulis : afrizal
Ketua Multi Marga, Rendi Gunawan Alias Kho Pheng. (ist)

BAGANSIAPIAPI - Perayaan ritual sembahyang kubur (Cheng Beng) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tahun ini terjadi peningkatan jumlah pengunjung dibandingkan dari tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah memahami dan terbiasa dalam penerapan protokol kesehatan (prokes).

"Tahun 2020 lalu, perayaan Cheng Beng jumlah pengunjungnya sedikit, dikarenakan pada saat itu memang puncaknya wabah Corona virus (Covid-19). Kalau saat ini kan sudah banyak yang divaksin, dan masyarakatnya juga sudah terbiasa dalam menerapkan prokes," ujar Ketua Multi Marga, Rendi Gunawan alias Kho Pheng, diruang kerjanya, Sabtu (27/3) kemaren. 

Perayaan Cheng Beng, kata Kho Pheng, sudah dimulai dari Kamis (25/3) hingga 10 hari ke depan. "Puncaknya itu tanggal 5 April nanti, namun saat ini sanak keluarga sudah mulai berdatangan dari berbagai daerah untuk membersihkan kuburan dan melakukan sembahyang," katanya. 

Makna dan tujuan dari Cheng Beng ini, terang Kho Pheng, sudah menjadi tradisi leluhur melakukan sembahyang sembari meminta doa agar keluarganya sehat, usaha yang dijalankan lancar, dan membawa berkah bagi semua.

Pada puncaknya nanti, lanjut Kho Pheng, setiap kelenteng dan marga mengutuskan perwakilannya untuk melakukan sembahyang bersama dikuburan. "Sudah dua tahun perayaan Cheng Beng menerapkan prokes Covid-19, di mana tiap kelenteng menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer serta masker," sebut Kho Pheng. 

Dia menambahkan, jika sanak keluarga yang berada diluar daerah tidak sempat datang bisa menitipkan pesan dengan keluarganya untuk melakukan sembahyang. "Saat ini kan masih suasana pandemi Covid, jadi kalau tidak bisa hadir tidak apa-apa," ucapnya. 

Saat ini kebanyakan pengunjung, sambungnya, berasal dari Pekanbaru, Medan dan Jakarta. Sementara yang dari luar negeri seperti Malaysia, Singapore dan negara lainnya belum ada sama sekali. 

Kho Pheng mengimbau seluruh pengunjung agar selalu mematuhi prokes yang telah ditetapkan pemerintah. "Jaga kesehatan dengan penerapan prokes dan berdoa agar bencana wabah Covid-19 ini cepat berlalu," pungkasnya.*
 




Artikel Terbaru
dumai, Selasa, 20 April 2021
Para tenaga medis di RSUD Dumai menggelar aksi mogok kerja sejak.

pekanbaru, Selasa, 20 April 2021
Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru mengklaim.

politik, Selasa, 20 April 2021
Usai sudah serangkain rangkaian perhelatan pemilihan Bupati/Wakil.

kampar, Selasa, 20 April 2021
Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto melaksanakan Safari Ramadhan 1442.

pekanbaru, Selasa, 20 April 2021
Tapir yang merupakan salah satu satwa dilindungi, memasuki permukiman.

hukum, Selasa, 20 April 2021
Subdit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Ditreskrimum Polda Riau,.

hukum, Selasa, 20 April 2021
Polri memastikan tersangka kasus penodaan agama Jozeph Paul Zhang.

rohul, Selasa, 20 April 2021
Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul) H.Abdul Haris mewakili.

pekanbaru, Selasa, 20 April 2021
DN yang merupakan salah seorang bidan di Pekanbaru dilaporkan ke.

potensa, Selasa, 20 April 2021
Hotel Batiqa Pekanbaru kembali memanjakan tamu dengan menghadirkan.

Otomotif