9 Ramadhan 1442 H / Rabu, 21 April 2021
Operasional RoRo Dumai-Malaka Perlu Bantuan Pusat
dumai | Selasa, 6 April 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : Bambang
Wawako Dumai, Amris mendampingi rombongan dari Kemhub RI meninjau pelabuhan Ro-Ro Dumai Melaka, Senin (5/4).

DUMAI - Kepala Pusat Fasilitas Kemitraan dan Kelembagaan I nternasional,‎ Kementerian Perhubungan RI, Derry Aman meninjau dermaga roro dan pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai yang nantinya akan menjadi pelabuhan Ro-Ro Dumai-Malaka, Senin (5/4). 

Saat meninjau pelabuhan Ro-Ro, rombongan Kementerian Perhubungan RI itu didampingi Wakil Walikota Dumai, Amris. Dari peninjauan tersebut diketahui pengoperasian Ro-Ro Dumai-Malaka belum seutuhnya siap, bahkan ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk standar internasional.

"Setelah kami turun ke lapangan dan meninjau langsung pelabuhan Ro-Ro, Dumai masih belum siap. Masih perlu banyak fasilitas yang harus dibangun agar standar internasional bisa terpenuhi," kata Amris.
Lanjutnya, dengan kondisi APBD Dumai yang minim diharapkan dukungan Pemerintah Pusat untuk membangun pelabuhan dan dermaga Ro-Ro ‎berstandar internasional.

"Kita bisa lihat pelabuhan Ro-Ro kita belum memenuhi standar internasional masih banyak yang perlu dibangun untuk menunjang pengoperasian Ro-Ro Dumai-Malaka," imbuhnya. 

Amris menerangkan bahwa terkait hal ini akan dilaporkan ke Walikota Dumai, dan ada wacana untuk menyerahkan aset Pemerintah Kota Dumai di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan ini kepada Pusat, agar bisa segera dibangun oleh Pusat. Karena, kalau mengandalkan APBD Dumai yang terbatas, tentunya hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama. 

"Nanti Kadishub Dumai akan melakukan inv‎entarisir aset-aset yang rencananya akan diserahkan ke Pusat agar pengoperasian RoRo Dumai-Malaka bisa segera jalan dan dibangun, sehingga ekonomi masyarakat bisa meningkat. Nantinya akan didiskusikan lagi bersama pak Walikota apa langkah selanjutnya, terkait pengoperasian RoRo Dumai-Malaka," ucapnya.
Sementara itu, Kepala Pusat Fasilitas Kemitraan dan Kelembagaan Internasional,‎ Kementerian Perhubungan RI, Derry Aman mengungkapkan bahwa kujungan pihaknya bersama rombongan ke Dumai ‎untuk melihat kondisi dan upaya dalam memenuhi komitmen Indonesia terhadap kerja sama Indonesia dan Malaysia melalui Ro-Ro Dumai-Malaka. 

"Dan ini komitmen yang sudah dibangun bersama dan sudah clear dan diperlukan pengoperasian Ro-Ro Dumai-Malaka khususnya trasportasi cargo dan selanjutnya akan terus berkembang," jelasnya. 

Diakuinya, kunjungan pihaknya juga melihat apa-apa saja yang perlu dipenuhi untuk pengoperasian Ro-Ro Dumai-Malaka dan pelabuhan ini nantinya akan menjadi standar internasional. 

"Kami berkomitmen untuk membantu pen‎goperasian Ro-Ro Dumai-Malaka. Karena, ini juga demi kepentingan masyarakat Indonesia, khususnya Dumai," katanya.*
 




Artikel Terbaru
dumai, Selasa, 20 April 2021
Para tenaga medis di RSUD Dumai menggelar aksi mogok kerja sejak.

pekanbaru, Selasa, 20 April 2021
Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru mengklaim.

politik, Selasa, 20 April 2021
Usai sudah serangkain rangkaian perhelatan pemilihan Bupati/Wakil.

kampar, Selasa, 20 April 2021
Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto melaksanakan Safari Ramadhan 1442.

pekanbaru, Selasa, 20 April 2021
Tapir yang merupakan salah satu satwa dilindungi, memasuki permukiman.

hukum, Selasa, 20 April 2021
Subdit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Ditreskrimum Polda Riau,.

hukum, Selasa, 20 April 2021
Polri memastikan tersangka kasus penodaan agama Jozeph Paul Zhang.

rohul, Selasa, 20 April 2021
Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul) H.Abdul Haris mewakili.

pekanbaru, Selasa, 20 April 2021
DN yang merupakan salah seorang bidan di Pekanbaru dilaporkan ke.

potensa, Selasa, 20 April 2021
Hotel Batiqa Pekanbaru kembali memanjakan tamu dengan menghadirkan.

Otomotif