2 Syawwal 1442 H / Jumat, 14 Mei 2021
Kasus Covid-19 Kembali Meningkat di Dunia
dunia | Kamis, 15 April 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : republika
ilustrasi

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan, terjadi lonjakan angka kasus positif di tingkat global saat ini. Berdasarkan laporan WHO, pandemi virus Covid-19 saat ini mengalami pertumbuhan secara eksponensial yang ditandai dengan jumlah kasus yang konstan dan dalam jumlah yang besar.

Kenaikan kasus di dunia ini tercatat sebesar 9 persen, yang juga merupakan peningkatan mingguan ketujuh berturut-turut. “WHO mencatat kasus Covid-19 di seluruh dunia naik 9 persen yang merupakan peningkatan mingguan ketujuh berturut-turut,” ujar Wiku saat konferensi pers, Kamis (15/4).

Selain itu, angka kasus kematian juga mengalami lonjakan sebesar 5 persen. Wiku mengatakan, salah satu penyebab melonjaknya kasus di dunia ini disebabkan oleh lonjakan kasus di India. Sebab, Pemerintah India tak melakukan pelarangan kegiatan berkerumun sehingga menyebabkan terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19.

“Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, kenaikan kasus di India sangat berpengaruh terhadap jumlah persentase kenaikan kasus di dunia,” kata dia.

Tren lonjakan kasus yang terjadi di dunia ini bertolak belakang dengan tren perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air. Wiku menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir ini menunjukan adanya perbaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Ia pun mencontohkan, pada pekan ini bahkan terjadi penurunan kasus baru sebesar 14,2 persen dan penurunan 17,6 persen pada penambahan kasus kematian. Wiku menilai, tren perbaikan kasus ini membuktikan, Indonesia merupakan bangsa yang tangguh bahkan di tengah pandemi melalui kerja keras dan kolaborasi seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat.

Kendati demikian, ia mengingatkan agar pemerintah dan masyarakat tak lengah dan harus tetap menjaga kewaspadaannya terhadap potensi penularan Covid-19. “Perkembangan kasus ke arah yang lebih baik ini hendaknya jangan kita jadikan alasan untuk bersikap acuh dan lalai. Sebaiknya kita harus semakin konsisten menjaga kedisiplinan kita dalam melawan pandemi ini,” tambah dia.

Dari lonjakan kasus di tingkat dunia ini, Indonesia bisa mengambil pelajaran untuk mengendalikan pandemi di Tanah Air. Pemerintah, kata Wiku, akan mengambil keputusan penanganan Covid-19 yang mungkin tidak dapat diterima oleh seluruh kalangan masyarakat.

Akan tetapi, keputusan tersebut harus diambil untuk mencegah munculnya lonjakan penularan di Indonesia. Karena itu, ia berharap pemerintah dan masyarakat dapat terus saling mendukung penanganan Covid-19 di Tanah Air.

“Marilah kita juga bersemangat menunjukan bahwa sebagai negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, Indonesia dapat tangguh melawan pandemi dan turut berkontribusi mengurangi angka kasus positif global di dunia. Berkurangnya kasus di Indonesia akan sangat berkontribusi pada menurunnya persentase peningkatan kasus di dunia,” pungkasnya.*




Artikel Terbaru
dunia, Kamis, 13 Mei 2021
Selama dua hari berturut-turut, India mencatat lebih dari 4.000.

dunia, Kamis, 13 Mei 2021
Israel telah menangkap 374 warga Palestina dari berbagai daerah.

pekanbaru, Kamis, 13 Mei 2021
Pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, Kamis (13/5/2021),.

pekanbaru, Kamis, 13 Mei 2021
Meski Pemerintah Kota Pekanbaru sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) .

etalase, Kamis, 13 Mei 2021
Dini hari, Rabu, 30 Ramadhan, 1442 Hijriyah, jelang persiapan sahur.

nasional, Kamis, 13 Mei 2021
Setiap tahun, angka penduduk usia kerja di Indonesia mengalami tren.

hukum, Kamis, 13 Mei 2021
Moment Idul Fitri 1442 hijriyah terdapat 5.724 warga binaan di Riau.

sportainment, Kamis, 13 Mei 2021
Atletico Madrid berhasil mengalahkan Real Sociedad 2-1 di jornada.

nasional, Kamis, 13 Mei 2021
Tiga orang pemudik dari Provinsi Riau yang mencoba mudik ke Sumatera.

pekanbaru, Kamis, 13 Mei 2021
Sebanyak 18 pengaduan masuk di Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya.

Otomotif