8 Zulqaidah 1442 H / Jumat, 18 Juni 2021
Hari Waisak Saat Pandemi, Permabudhi Riau Minta Umat Sebarkan Cinta Kasih
huawen | Senin, 24 Mei 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : wsl
Ketua Permabudhi Riau, Kurniadi

PEKANBARU - Melalui momentum peringatan Trisuci Waisak 2565 BE, Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Riau meminta umat untuk memiliki spirit meneladani Sang Buddha. Apalagi perayaan Waisak masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Riau, Kurniadi, Senin (24/5/2021) kepada Metro Riau. Dikatakannya, meski tidak ada perayaan seperti sebelum pandemi, namun tidak mengurangi makna Waisak.   "Kita perlu terus menjalankan Buddha Dharma yang telah diajarkan oleh Sang Buddha kepada kita, terutama mengembangkan Cinta Kasih terhadap orang lain," jelasnya.

Dengan pancaran cinta kasih, lanjutnya, akan meningkatkan kekebalan tubuh,karena kita senantiasa memancarkan energy positif, cinta kasih dengan mencintai kehidupan kita dengan hidup menjalankan Prokes dan mengembangkan kepada orang lain.

Selain itu, Ia meminta umat Buddha untuk saling menjaga, salah satunya dengan selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes)  ketat saat perayaan Waisak 2565 BE, yang jatuh pada Hari Rabu, 26 Mei 2021.  

Bagi umat yang pergi ke rumah ibadah, lanjutnya, harus memperhatikan himbauan pemerintah untuk selalu menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan. "Tempat ibadah akan membatasi jumlah umat yang beribadah. Maksimal 30 persen dari kapasitas. Hal ini untuk menghindari kerumunan," ungkapnya.

Umat diharapkan menjalankan pola hidup yang sehat dan bersih, sehingga akan meminimalisir wabah penyakit. Umat dapat berdoa semoga  semua selalu diberkati Sang Buddha dan terhindar dari pandemi Covid-19.

Tahun ini, lanjutnya,  tema waisak Permabudhi mengangkat Cinta Kasih Menjaga Kebhinekaan Membangun Keluhuran Bangsa.

"Himbauan dan doa kami dari Permabudhi Riau, semoga di tahun ini kita semua sehat selalu dan selalu dilindungi oleh sang Tri Ratna dan marilah sama sama kita mengembangkan cinta kasih," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut,  Kurniadi mengatakan,  Permabudhi Riau akan mengikuti perayaan Waisak secara nasional via zoom pada Hari Rabu (26/5) pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, Permabudhi Riau telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial, seperti penyerahan sembako yang bekerjasama dengan berbagai pihak.

Waisak merupakan hari raya utama dalam agama Buddha. Bertujuan untuk  memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sidharta Gautama.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) menerbitkan panduan perayaan Waisak saat pandemi. Panduan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Puja Bhakti/Sembahyang & Dharmasanti Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis Saat Pandemi Covid-19.

Panduan diterbitkan dalam rangka memberikan rasa aman kepada umat Buddha dalam penyelenggaraan ibadah.*




Artikel Terbaru
nasional, Jumat, 18 Juni 2021
Kasus positif COVID-19 di Indonesia terus meningkat. Pada Jumat 18.

pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Pemerintah pusat akan mengirimkan 15 ribu vaksin ke Provinsi Riau.

pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Masyarakat Riau yang di rumahnya terdapat orang Lanjut Usia (Lansia).

pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin.

dumai, Jumat, 18 Juni 2021
Setelah diberitakan bahwa korban jiwa atas meledaknya tangki timbun.

etalase, Jumat, 18 Juni 2021
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi meresmikan Vaksin.

pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Pemerintah Provinsi Riau terus mengantisipasi terjadinya kebakaran.

dunia, Jumat, 18 Juni 2021
Polisi Israel menangkap Imam Masjid Agung Ludd Sheikh Yusef al-Baz di.

sportainment, Jumat, 18 Juni 2021
Tiga tim memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Adalah.

inhu, Jumat, 18 Juni 2021
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melaksanakan Sosialisasi.

Otomotif