8 Zulqaidah 1442 H / Jumat, 18 Juni 2021
Musim Panas, Karhutla Mulai Terjadi di Dumai
dumai | Jumat, 11 Juni 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : Bambang
Satgas Karhutla Kota Dumai berjibaku memadamkan kebakaran lahan di Kelurahaan Bagan Keladi, Kecamatan Dumai Barat‎, Kota Dumai. Kamis (10/6/2021).

DUMAI - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Dumai mulai terjadi saat musim panas. Pada Kamis (10/6/2021) kebakaran lahan menghanguskan semak belukar di Kecamatan Dumai Barat‎, Kota Dumai. Kurang lebih satu hektar lahan terbakar di Kelurahaan Bagan Keladi.

Kapolsek Dumai Barat, AKP Asep Rahmat didampingi Camat Dumai Barat, Adyan mengungkapkan, lahan yang terbakar di Kelurahaan Bagan Keladi sudah terjadi sejak Kamis  pagi.

"Lahan yang terbakar semak belukar dan berada di lahan gambut, kurang lebih sekitar satu hektar, namun sudah berhasil kita padamkan," katanya kepada wartawan, Kamis (10/6/2021).  

‎AKP Asep  menerangkan, meskipun proses pemadaman sudah dilakukan, namun karena kawasan yang terbakar itu berada di lahan gambut maka perlu dilakukan pendinginan di lokasi kebakaran.

Diakuinya, kondisi lahan gambut yang terbakar ini memang harus dilakukan pendinginan, dan saat ini tim gabungan masih terus melakukan pendinginan.

"‎Untuk sumber air tersedia, hanya saja jika angin kencang bisa saja api kembali muncul, dan kami masih terus melakukan pendinginan, " ungkapnya.

Terkait lahan yang terbakar, lanjutnya, pihaknya akan melakukan penyelidikan, jika terbukti akan kita tindak sesuai undang undang.

"Kami minta doa dari masyarakat agar pendinginan ini cepat selesai, sehingga api tidak lagi menyebar ke lahan lainya," harapnya

Sebelumnya, Kepada pelaksana BPBD Dumai, Afrilagan menambahkan, Pemerintah Kota Dumai sudah menetapkan status siaga darurat Karhuta, hal ini dilakukan sebagai antisipasi, dalam menangani Karhutla di Kota Dumai.

Penetapan status siaga karhutla, sesuai arahan Gubernur, sebab, sebelum Provinsi menetapkan status siaga, terlebih dahulu Pemprov Riau meminta kabupaten dan kota yang daerahnya sudah terjadi kebakaran untuk menetapkan status siaga darurat.*

 




Artikel Terbaru
pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin.

dumai, Jumat, 18 Juni 2021
Setelah diberitakan bahwa korban jiwa atas meledaknya tangki timbun.

etalase, Jumat, 18 Juni 2021
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi meresmikan Vaksin.

pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Pemerintah Provinsi Riau terus mengantisipasi terjadinya kebakaran.

dunia, Jumat, 18 Juni 2021
Polisi Israel menangkap Imam Masjid Agung Ludd Sheikh Yusef al-Baz di.

sportainment, Jumat, 18 Juni 2021
Tiga tim memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Adalah.

inhu, Jumat, 18 Juni 2021
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melaksanakan Sosialisasi.

pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Setelah melaksanakan terbang familiarisasi, para penerbang tempur.

nasional, Jumat, 18 Juni 2021
Positif Covid-19 di RI terus bertambah. Pada Kamis (17/6), Covid-19.

etalase, Jumat, 18 Juni 2021
Kejaksaan Negeri yang ada di Provinsi Riau bersama BPJAMSOSTEK.

Otomotif