8 Zulqaidah 1442 H / Jumat, 18 Juni 2021
Haji 2021 Ditunda, 5.008 CJH Riau Kembali Gagal Berangkat
pekanbaru | Jumat, 11 Juni 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : vivi
Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin, memaparkan penyebab pembatalan keberangkatan haji tahun 2021, Jumat (11/06/2021).

PEKANBARU - Sebanyak 5.008 Calon Jamaah Haji (CJH) Provinsi Riau kembali gagal menginjakkan kaki ke tanah suci tahun 2021. Pasalnya, pemerintah RI melalui Kementerian Agama kembali menunda keberangkatan haji tahun ini.

"Penundaan keberangkatan haji sudah dua kali terjadi sejak 2020 lalu, di mana CJH kita yang bakal berangkat tahun ini merupakan mereka tercatat dalam daftar tunggu pada 2020 lalu," ujar Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin, di Pekanbaru, Jumat (11/6/2021).   

Menurut Mahyudin, pembatalan keberangkatan CJH tahun ini sesuai surat Kemenag RI Nomor 660/2021, karena belum berakhirnya pandemi Covid-19 melanda dunia.

Keselamatan dan kesehatan jiwa jamaah haji lebih diutamakan, mengingat penyelenggaraan haji merupakan kegiatan melibatkan banyak orang dan berpotensi menyebabkan kerumunan, sehingga rawan terjadi peningkatan kasus Covid-19. Apalagi, kasus virus Corona ini belum menunjukkan penurunan yang signifikan," papar Mahyudin.

Di sisi lain, terang Mahyudin, Pemerintah Arab Saudi hingga hari diumumkannya pembatalan jamaah (22 syawal 1442 hijriah/3 Juni 2021 masehi) belum mengundang negara pengirim jamaah, termasuk Indonesia, untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2021. Sehingga persiapan yang telah dilakukan sejak Desember 2020 lalu, belum dapat difinalisasi.

"Hingga kini pemerintah Arab Saudi belum mengumumkan kuota dalam
penyelenggaraan ibadah haji. Kondisi ini berdampak pada persiapan yang sudah kita lakukan, belum dapat difinalisasi," lanjut Mahyudin.

Untuk layanan dalam negeri, kata Mahyudin, misalnya kontrak penerbangan, pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih), penyiapan dokumen perjalanan, penyiapan petugas, dan pelaksanaan bimbingan manasik, semuanya baru bisa diselesaikan apabila besaran kuota haji sudah diterima dari Arab Saudi.

"Demikian pula penyiapan layanan di Arab Saudi, terkait akomodasi, konsumsi, transportasi, belum bisa difinalisasi sebelum ada kepastian besaran kuota, termasuk juga skema penerapan protokol kesehatan haji, dan lainnya," jelas Mahyudin.

Sementara itu, kata Mahyudin, terkait dengan setoran haji mereka yang gagal berangakat tahun ini, boleh mengambilnya ke Badan
Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Jika mereka (CJH, red) hanya mengambil setoran pelunasan haji yang besarannya Rp8 juta, maka nomor porsinya tetap terdaftar, dalam artian CJH tersebut akan tetap menjadi prioritas pemberangkatan haji tahun depan, dengan membayarkan kembali uang pelunasan haji yang sudah diambil sebelumnya," katanya.

Namun, sebut Mahyudin, kalau CJH tersebut mengambil uang porsi pendaftaran haji sebesar Rp25 juta, maka nomor porsi keberangatannya tahun depan akan hilang.

"Artinya, CJH itu kembali mendaftar awal, dan harus mengikuti antrean keberangkatan,  di mana saat ini sudah daftar tunggu 22 tahun," sebut Kepala Kakanwil Kemenag Riau ini.

Untuk CJH Riau, Mahyudin menjelaskan, hingga kini belum ada satupun yang mengambil dana hajinya, baik itu dana pelunasan maupun uang porsi pendaftaran haji.

"Hingga kini CJH kita tidak ada yang protes terhadap penundaan keberangkatan haji ini, begitu juga dengan dana haji mereka, belum ada yang melakukan pengambilan," pungkas Mahyudin.
       
Mahyudin memastikan, uang para CJH aman, dana haji aman. "Seperti info yang beredar di media sosial tentang dana haji untuk membayarkan utang Indonesia atau pun tagihan yang belum dibayar terkait haji itu tak benar alias hoaks," ucapnya.*




Artikel Terbaru
pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Masyarakat Riau yang di rumahnya terdapat orang Lanjut Usia (Lansia).

pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin.

dumai, Jumat, 18 Juni 2021
Setelah diberitakan bahwa korban jiwa atas meledaknya tangki timbun.

etalase, Jumat, 18 Juni 2021
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi meresmikan Vaksin.

pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Pemerintah Provinsi Riau terus mengantisipasi terjadinya kebakaran.

dunia, Jumat, 18 Juni 2021
Polisi Israel menangkap Imam Masjid Agung Ludd Sheikh Yusef al-Baz di.

sportainment, Jumat, 18 Juni 2021
Tiga tim memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Adalah.

inhu, Jumat, 18 Juni 2021
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melaksanakan Sosialisasi.

pekanbaru, Jumat, 18 Juni 2021
Setelah melaksanakan terbang familiarisasi, para penerbang tempur.

nasional, Jumat, 18 Juni 2021
Positif Covid-19 di RI terus bertambah. Pada Kamis (17/6), Covid-19.

Otomotif