27 Zulhijjah 1442 H / Jumat, 6 Agustus 2021
Relawan Peduli Covid-19 Riau Kumpulkan 449 Kantong Darah
huawen | Sabtu, 12 Juni 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : wsl
Donor darah di Living World Pekanbaru.

PEKANBARU - Sebanyak 449 kantong darah berhasil dikumpulkan Relawan Peduli Covid-19 Riau dalam acara donor darah di Living World Pekanbaru, Sabtu (12/6/2021). Donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pekanbaru.

Ketua PMI Kota Pekanbaru, M Noer mengatakan, kegiatan donor darah untuk  memperingatan Hari Donor Darah Sedunia yang rangkaiannya mulai dilakukan dari tanggal 6-13 Juni dan untuk puncaknya dilakukan 14 Juni 2021.

"Kami bersyukur, karena donor darah mendapatkan banyak dukungan dari semua pihak. Mulai dari Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten I, Pemko Pekanbaru yang diwakili oleh Staf Ahli dan Forkopimda," jelasnya.

Mengenai kebutuhan kantong darah di Kota Pekanbaru setiap bulannya, M Noer mengatakan, berkisar 6.000 hingga 8.000 kantong darah.

"Kita harapkan kegiatan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah, baik masyarakat Pekanbaru dan juga di luar Pekanbaru. Karena kan di Rumah Sakit besar itu yang berobat juga banyak dari luar Pekanbaru," sebutnya.

Helda S Munir selaku Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setdako Pekanbaru yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya.

"Seperti kita tahu pelaksanaan donor darah sangat dihawatirkan oleh masyarakat karena  pandemi Covid-19. Tapi kenyataannya kita lihat sejauh mengikuti protokol kesehatan tidak terjadi masalah. Harus ada kepatuhan dan komitmen dari kita bersama," sebutnya.

Sementara itu, Penasehat Relawan Peduli Covid-19, Toni Lim mengatakan, pihaknya melihat kebutuhan darah di Kota Pekanbaru setiap bulannya cukup tinggi. "Untuk itu, Relawan Peduli ikut berpartisipasi  mensukseskan kegiatan donor darah hari ini. Mudah-mudahan bisa membantu sesama," terangnya.

Ketua Pelaksana Relawan Peduli Covid-19 Riau, Dirmanto Chang menambahkan, donor darah tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Total terdapat 524 calon pendonor, namun hanya 449 yang berhasil mengikuti donor darah. Terdapat juga 6 orang yang mendaftar untuk mengikuti donor plasma konvalesen, namun hanya 4 orang yang lulus.

Sebelumnya, Relawan Peduli Covid-19 Riau sudah beberapa kali mengadakan kegiatan donor darah untuk membantu PMI agar permintaan darah tercukupi.*




Artikel Terbaru
hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah melimpahkan berkas perkara ambruknya.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan salah satu cara.

kampar, Kamis, 5 Agustus 2021
Terkait sengketa lahan antara masyarakat dan perusahaan, Bupati.

inhu, Kamis, 5 Agustus 2021
Untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), Pemerintah.

hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau akhirnya menahan Mantan Bupati.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi memimpin Upacara.

huawen, Jumat, 6 Agustus 2021
Relawan Peduli Covid-19 Riau meminjamkan tabung oksigen beserta.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Bintara Pembinaan Potensi Kedirgantaraan (Babinpotdirga) Lanud.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Peserta rapat paripurna Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke-64 pada 9.

nasional, Kamis, 5 Agustus 2021
Rumah sakit rujukan di berbagai daerah terus bekerja keras menangani.

Otomotif