27 Zulhijjah 1442 H / Jumat, 6 Agustus 2021
Bank Dunia Sebut Indonesia Rentan terhadap Gelombang Baru Covid-19
dunia | Kamis, 17 Juni 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : okezone.com
ilustrasi

JAKARTA - Bank Dunia menilai risiko pandemi di Indonesia tampak besar dengan kasus meningkat secara signifikan pada Juni. Indonesia rentan terhadap gelombang baru yang didorong strain yang lebih menular seperti yang dialami negara lain serta potensi mobilitas dan penularan virus yang lebih tinggi selama perayaan.

"Indonesia tetap rentan terhadap gelombang baru yang didorong oleh strain yang lebih menular seperti yang dialami oleh negara lain serta potensi mobilitas dan penularan virus yang lebih tinggi selama perayaan," tulis laporan Bank Dunia, di Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Meskipun awal yang lebih kuat daripada rekan-rekan regional, peluncuran vaksin gratis sudah mulai tertinggal jika dibandingkan dengan beberapa rekan besar G20. Serta, ada respons krisis yang kuat, kebijakan moneter harus mencapai keseimbangan yang sulit antara mengelola tekanan pembiayaan eksternal dan mendorong pemulihan.

"Pembiayaan moneter dari defisit mendukung respons fiskal dalam keadaan luar biasa. Bank Indonesia (BI) juga melonggarkan kebijakan moneter meskipun tingkat kebijakan riil relatif tinggi terhadap rekan-rekan dan mempertimbangkan inflasi yang rendah dan output negatif yang besar," tulisnya.

Pertumbuhan kredit swasta telah turun meskipun neraca bank yang sehat dan kerentanan korporasi yang moderat karena kombinasi dari kendala permintaan dan penawaran kredit, termasuk lemahnya efektivitas transmisi kebijakan moneter, rendahnya pengambilan mekanisme pembagian risiko seperti jaminan dan secara historis ketergantungan yang rendah pada perbankan kredit di kalangan UMKM.

Bank Dunia meminta Pemerintah untuk mengembangkan strategi fiskal jangka menengah dengan urutan yang baik, termasuk rencana yang jelas untuk meningkatkan pendapatan pajak dan ruang fiskal untuk pengeluaran prioritas. Hal ini juga menyoroti pentingnya menjaga kebijakan moneter yang akomodatif dan mendorong kredit swasta untuk mendukung sektor riil sambil memantau kerentanan eksternal dan keuangan.*




Artikel Terbaru
hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah melimpahkan berkas perkara ambruknya.

pekanbaru, Jumat, 6 Agustus 2021
Disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan salah satu cara.

kampar, Jumat, 6 Agustus 2021
Terkait sengketa lahan antara masyarakat dan perusahaan, Bupati.

inhu, Kamis, 5 Agustus 2021
Untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), Pemerintah.

hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau akhirnya menahan Mantan Bupati.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi memimpin Upacara.

huawen, Jumat, 6 Agustus 2021
Relawan Peduli Covid-19 Riau meminjamkan tabung oksigen beserta.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Bintara Pembinaan Potensi Kedirgantaraan (Babinpotdirga) Lanud.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Peserta rapat paripurna Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke-64 pada 9.

nasional, Kamis, 5 Agustus 2021
Rumah sakit rujukan di berbagai daerah terus bekerja keras menangani.

Otomotif