27 Zulhijjah 1442 H / Jumat, 6 Agustus 2021
Tingkatkan Sinergisitas, BPJAMSOSTEK dan Kejati Riau Perpanjang MoU
etalase | Kamis, 17 Juni 2021
Editor : Herlina | Penulis : herlina
Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Sumbar Riau, Pepen S Almas dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, DR Jaja Subagja SH MH saat pemberian cineramata.

PEKANBARU- Kejaksaan Negeri yang ada di Provinsi Riau bersama BPJAMSOSTEK sepakat untuk melakukan perpanjangan kerja sama perlindungan jaminan sosial terhadap tenaga kerja yang ada di Provinsi Riau. Kesepakatan perpajangan kerja sama ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU), Kamis (17/6).

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Sumbar Riau, Pepen S Almas kepada wartawan, Kamis (17/6) mengatakan,  Bentuk tindak lanjut MoU itu, pihaknya bakal menyerahkan Surat Kuasa Khusus (SKK) secara berkala sebagai syarat supaya bisa mendapat bantuan hukum dari Kejaksaan negeri yang ada di Riau.

"Sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanan program jaminan sosial ketenaga kerjaan, diharapkan kerja sama ini akan menangani beberapa kasus seperti perusahaan menunggak iuran, perusahaan wajib belum daftar, maupun perusahaan daftar sebagian tenaga kerja atau upah atu program,” jelas Almas.

Komitmen melindungi para pekerja memang sudah terjalin sejak lama. Dan penandatangan itu untuk memperpanjang kesepakatan pemahaman yang sudah terbangun beberapa tahun silam. Terutama pemahaman mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara terkait perlindungan jaminan sosial tenaga kerja.

Lanjut Almas, harapannya sinergitas yang sudah terbangun dapat menjadikan program jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai alat perlindungan pekerja. Sehingga pekerja merasa aman dan secara tidak langsung berperan dalam pembangunan Riau. Jaminan ini juga sebagai jaring pengaman untuk menekan tidak munculnya warga miskin baru.

“Saat ini baru 47 persen perusahan di Riau yang sudah mendaftar, sementara kita berharap dengan adanya Impres no 2 tahun 2021 ini bisa mencapai 70 persen perusahan yang mendaftakan kepersertaannya. Semoga dengan adanya sinergisitas antara Kejaksaan dengan BPJS Ketenagakerjaan ini bisa tercapai target kita," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, DR Jaja Subagja SH MH menambahkan, dirinya menyambut baik perpanjangan kerjasama ini. Menurutnya, pengawasan terhadap perusahaan dalam kepatuhan membayar iuran juga menjadi tugas bagi pihaknya dalam rangka turut mensukseskan jaminan sosial ketenagakerjaanKarena ini juga bagian dari tugas dia dalam menegakkan hukum sesuai dengan prosedur yang ada dan kedepannya, "Kami berkomitmen untuk lebih bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan," tandasnya.

Dia mengatakan, semoga kerjasama yang kita sepakati ini dapat berjalan dan berhasil sesuai yang diharapkan dan pada gilirannya Kejaksaan dapat memberikan bantuan secara optimal. (lin)




Artikel Terbaru
hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah melimpahkan berkas perkara ambruknya.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan salah satu cara.

kampar, Kamis, 5 Agustus 2021
Terkait sengketa lahan antara masyarakat dan perusahaan, Bupati.

inhu, Kamis, 5 Agustus 2021
Untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), Pemerintah.

hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau akhirnya menahan Mantan Bupati.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi memimpin Upacara.

huawen, Jumat, 6 Agustus 2021
Relawan Peduli Covid-19 Riau meminjamkan tabung oksigen beserta.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Bintara Pembinaan Potensi Kedirgantaraan (Babinpotdirga) Lanud.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Peserta rapat paripurna Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke-64 pada 9.

nasional, Kamis, 5 Agustus 2021
Rumah sakit rujukan di berbagai daerah terus bekerja keras menangani.

Otomotif