27 Zulhijjah 1442 H / Jumat, 6 Agustus 2021
TNI AU-USPACAF Jalani Misi Air to Air Maneuver
pekanbaru | Kamis, 17 Juni 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : rls/linda
Para penerbang tempur pesawat F-16 TNI Angkatan Udara dan United State Pacific Air Force (USPACAF) mulai melaksanakan misi air to air maneuver pada latihan bersama.

PEKANBARU - Setelah melaksanakan terbang familiarisasi, para penerbang tempur pesawat F-16 TNI Angkatan Udara dan United State Pacific Air Force (USPACAF) mulai melaksanakan misi air to air maneuver pada latihan bersama "Cope West 2021" di langit Provinsi Riau.

Latihan itu diawali dengan pelaksanaan briefing penerbangan, misi air to air maneuver yang dilaksanakan pada hari ke tiga latihan, adalah Basic Fighter Maneuver (BFM). 

Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Jajang Setiawan SM MHan PSCJ, mengatakan, materi latihan BFM merupakan gerakan taktis dasar yang harus dikuasai oleh setiap penerbang tempur (fighter).

"BFM mutlak dikuasai oleh semua fighter, karena, teknik ini merupakan dasar bagi setiap penerbang tempur dalam melaksanakan pertempuran di udara atau dogfight," ujar Jajang, Kamis (17/6/2021).

Penguasaan teknik ini, lanjut Jajang, memberikan peluang besar dalam memenangkan dogfight. "Melalui penguasaan BFM, menempatkan posisi unggul dalam melaksanakan dogfight. 

Keunggulan latihan ini memungkinkan penerbang melakukan penyerangan terhadap pesawat musuh atau membantu pesawat kawan yang sedang terancam, termasuk juga meminimalisir resiko tertembak oleh senjata udara musuh," ungkap lulusan Akademi Angkatan Udara 1997 tersebut.

Pada latihan Cope West hari keempat ini,  pesawat F-16 Skadron Udara 3 melaksanakan dua sorties penerbangan,  Skadron Udara 16 enam sorties, sementara 13th Fighter Squadron PACAF Misawa melaksanakan delapan sorties penerbangan

Keempat Skadron tempur ini terbagi dalam empat flight, dengan call sign Ridder flight, Phanter Flight, Rage Flight dan Falcon Flight.

Latihan bersama dua negara bersahabat ini diselenggarakan di area latihan Lanud Roesmin Nurjadin, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Cope West 2021 merupakan ajang latihan para penerbang pesawat tempur F-16 TNI AU-USPACAF, dengan tujuan saling berbagi ilmu dan berbagi pengalaman, guna meningkatkan profesionalitas para penerbang kedua negara bersahabat ini. Latihan mulai dilakukan pada 14 hingga 25 Juni mendatang.*




Artikel Terbaru
hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah melimpahkan berkas perkara ambruknya.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan salah satu cara.

kampar, Kamis, 5 Agustus 2021
Terkait sengketa lahan antara masyarakat dan perusahaan, Bupati.

inhu, Kamis, 5 Agustus 2021
Untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), Pemerintah.

hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau akhirnya menahan Mantan Bupati.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi memimpin Upacara.

huawen, Jumat, 6 Agustus 2021
Relawan Peduli Covid-19 Riau meminjamkan tabung oksigen beserta.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Bintara Pembinaan Potensi Kedirgantaraan (Babinpotdirga) Lanud.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Peserta rapat paripurna Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke-64 pada 9.

nasional, Kamis, 5 Agustus 2021
Rumah sakit rujukan di berbagai daerah terus bekerja keras menangani.

Otomotif