27 Zulhijjah 1442 H / Jumat, 6 Agustus 2021
Baznas Sosialisasi Pengumpulan Zakat Penghasilan ASN
inhu | Jumat, 18 Juni 2021
Editor : wislysusanto | Penulis : dasmun
foto bersama

RENGAT - Badan Amil Zakat Nasional  (Baznas) melaksanakan  Sosialisasi Pengumpulan Zakat Penghasilan ASN & Karyawan BUMD di lingkungan Pemkab Inhu. Kegiatan tersebut dibuka  Pj Bupati Inhu, Drs H Chairul Riski, MS., MP diruang Auditorium Yopi Arianto Lantai 4 Kantor Bupati, Kamis pagi (17/6).

Hadir Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)) Provinsi Riau, Dr. H.Saidul Amin, Ma dan Ketua Baznas Inhu, Mulya Sultoni, S.Pi. Serta undangan lainnya dan perserta dari kalangan ASN serta BUMD Inhu.

Chairul Riski dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Indragiri Hulu mempunyai potensi yang besar dalam penyaluran zakat, karena memiliki wilayah yang luas,  namun perolehan zakatnya menduduki peringkat no.2 terendah se-Provinsi Riau.

Selanjutnya Chairul menambahkan, dengan rendahnya jumlah pengumpulan  zakat di Kabupaten Indragiri Hulu diperlukan ketegasan kembali mengenai zakat, terutama zakat penghasilan ASN & karyawan BUMD di lingkungan Pemkab. Indragiri Hulu sehingga berdasarkan peraturan Bupati nomor 60 tahun 2018 diterbitkanlah instruksi nomor 1/INS/ 2021.

Chairul mengapresiasi kepada OPD lingkup Pemkab. Indragiri Hulu diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Bappeda, Disperindag, Dinas PMPTSA dan RSUD yang jumlah zakatnya di atas rata-rata. Sementara itu beberapa OPD lainnya belum menyalurkan zakatnya ke BAZNAS.

Sementara itu ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau, Dr. H. Saidul Amin, Ma yang juga sebagai narasumber dalam sosialisasi ini mengatakan Kabupaten Indragiri Hulu pengumpulan zakatnya berjumlah 800 juta/ tahun, jauh apabila dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Provinsi Riau. "Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menghidupkan zakat yang merupakan marwah Provinsi Riau" ujarnya.

Sosialisasi Pengumpulan Zakat Penghasilan ASN & Karyawan BUMD di Lingkungan Pemkab. Indragiri Hulu juga diisi dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori langsung oleh Pj. Bupati Inhu, Drs. H. Chairul Riski, MS., MP.

Berdasarkan diskusi pada Sosialisasi Pengumpulan Zakat Penghasilan ASN & Karyawan BUMD di Lingkungan Pemkab. Indragiri Hulu, Pj. Bupati Drs. H. Chairul Riski, MS., MP menekankan setiap kepala OPD wajib menyampaikan kepada jajarannya tentang kewajiban membayar zakat.*




Artikel Terbaru
hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah melimpahkan berkas perkara ambruknya.

pekanbaru, Jumat, 6 Agustus 2021
Disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan salah satu cara.

kampar, Jumat, 6 Agustus 2021
Terkait sengketa lahan antara masyarakat dan perusahaan, Bupati.

inhu, Kamis, 5 Agustus 2021
Untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), Pemerintah.

hukum, Jumat, 6 Agustus 2021
Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau akhirnya menahan Mantan Bupati.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi memimpin Upacara.

huawen, Jumat, 6 Agustus 2021
Relawan Peduli Covid-19 Riau meminjamkan tabung oksigen beserta.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Bintara Pembinaan Potensi Kedirgantaraan (Babinpotdirga) Lanud.

pekanbaru, Kamis, 5 Agustus 2021
Peserta rapat paripurna Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke-64 pada 9.

nasional, Kamis, 5 Agustus 2021
Rumah sakit rujukan di berbagai daerah terus bekerja keras menangani.

Otomotif